Skip to main content

Pergantian Rel Kereta Indonesia di Tulungagung tahun 2012; Hasil yang memuaskan

Pergantian rel kereta dengan spesifikasi rel kereta dengan lebih besar telah dinanti oleh sebagian orang yang bertempat tinggal di tepi jalur rel kereta api. Mereka mengharapkan sesuatu yang baru dari pergantian rel ini. Ternyata hasilnya memuaskan setelah kira2 hari lamanya, mungkin para pekerja berada di depan rumah kalian (bagi yang menghuni rumah pinggir rel kereta). Baca Spesifikasi Baru Rel Kereta Api 2012

Perbaikan Rel Kereta Api Indonesia November 2012

Perbaikan Rel Kereta Api di Tulungagung November 2012

Perbaikan Rel Kereta Api di Bago Tulungagung November 2012

Perbaikan Rel Kereta Api November 2012


Pergantian / pembaruan seluruh perangkat rel ini meliputi
  1. Beton Bantalan Rel KA.
  2. Rel KA.
  3. Pandrol / Pengait Rel KA. dengan Beton Bantalan
  4. Alas Rel KA. di atas Beton Bantalan
Beton Bantalan yang memegang peranan penting untuk meneruskan gaya yang dihasilkan dari kereta api yang melintas di atasnya langsung ke batu-batu kecil yang tertata di bawahnya. Beton Bantalan ini perlu diganti untuk spesifikasi rel yang baru, karena ukuran rel kali ini semakin besar. Beton yang tersedia ini merupakan beton yang sudah sesuai pemakaianya untuk spesifikasi rel dan pengait rel tahun 2012. Bayangkan saja, untuk membawa satu beton ini.. diperlukan 4 orang pekerja yang kekar untuk mengangkatnya. Berat Beton ini sekitar 70-80 kg.  Begitu kuatnya beton yang disediakan ini sangat cocok untuk menopang beberapa tahun kedepan berat berton-ton gerbong kereta api.

Beton Bantalan Rel Kereta Api tahun 2012

Rel Kereta Api yang baru, merupakan fokus utama penggantian ini, karena secara khusus rel ini merupakan cetakan tahun 2012.

Rel Kereta Api Spesifikasi tahun 2012


Pandrol / Pengait Rel KA dengan Beton Bantalan mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Semuanya telah melewati tes yang cermat untuk memutuskan mana yang mesti dipakai dan lebih kuat / mumpuni dalam menahan (dalam hal ini yang bekerja adalah gaya gesek) pergeseran pada rel saat Kereta Api lewat. Akhirnya yang terpilih adalah pandrol Produksi PT. Pandrol Indonesia yang saat ini menjadi primadona pengait rel kereta api.



PT. Pandrol Indonesia.

PT Pandrol Indonesia

Pengait Rel Kereta Api Indonesia; Pandrol Indonesia


Alas rel kereta api ini seperti terbuat dari plastik, aneh memang.. ketika saya cek alas rel di atas beton yang semula saya kira adalah karet... ternyata adalah plastik. Pastilah ini plastik berkualitas tinggi... karena berton-ton gerbong kereta setiap harinya melintasi dan tentuk menimbulkan tekanan pada plastik ini.

Alar Rel Kereta Api di atas Beton

Keempat komponen di atas merupakan point yang memuaskan dari pembaruan jalur kereta api. Terlihat dari berbagai hal yang diganti pada sarana di jalus kereta api ini adalah barang baru yang merupakan produksi tahun 2012. Komponen di atas menghasilkan perubahan hasil yang terjadi ketika kereta api melintas. Getaran terhadap keberadaan kereta yang sedang melintas semakin berkurang setelah pergantian itu. Inilah yang membuat para keluarga yang bermukim di dekat jalur kereta api ini. Tidak satu dua orang, tetapi kebanyakan mereka mengetahui dan merasakan perbedaan itu. 

Pergantian rel ini membawa manfaat tidak saja pada penumpang kereta api, tetapi juga pada masyarakat yang tinggal di dekat jalur kereta api. Setidaknya setelah pergantian rel tersebut, getaran dari lewatnya kereta itu sudah sangat berkurang. Bahkan mengagetkan sekali.. karena saat kereta lewat itu pun bisa saja tidak disadari oleh pemilik rumah. Karena kebiasaan getaran yang besar bagi rumah yang berada di dekat jalur kereta tersebut sekarang sudah berubah total. 

Perawatan pasca pergantian pun terus dilakukan oleh PT KAI dengan menerjunkan alat berat yang merupakan produksi Austria untuk menjadi salah satu alat untuk mengecek standarisasi keberadaan rel kereta.

Perbaikan Rel Kereta Api di Plandaan, Tulungagung
Perbaikan Rel Kereta Api Indonesia

Perbaikan Rel Kereta Api di Jawa Timur
Perbaikan Rel Kereta Api di Tulungagung Jawa Timur

Perbaikan Rel Kereta Api di Desa Bago Jawa Timur


Plasser & Theurer

Perbaikan Rel Kereta Api di Bago Tulungaugng; Plasser & Theurer KSP2001

Perbaikan Rel Kereta Api di Bago Tulungagung; Plasser & Theurer KSP 2001




Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...