Pergantian rel kereta dengan spesifikasi rel kereta dengan lebih besar telah dinanti oleh sebagian orang yang bertempat tinggal di tepi jalur rel kereta api. Mereka mengharapkan sesuatu yang baru dari pergantian rel ini. Ternyata hasilnya memuaskan setelah kira2 hari lamanya, mungkin para pekerja berada di depan rumah kalian (bagi yang menghuni rumah pinggir rel kereta). Baca
Spesifikasi Baru Rel Kereta Api 2012
|
Perbaikan Rel Kereta Api Indonesia November 2012 |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Tulungagung November 2012 |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Bago Tulungagung November 2012 |
|
Perbaikan Rel Kereta Api November 2012 |
Pergantian / pembaruan seluruh perangkat rel ini meliputi
- Beton Bantalan Rel KA.
- Rel KA.
- Pandrol / Pengait Rel KA. dengan Beton Bantalan
- Alas Rel KA. di atas Beton Bantalan
Beton Bantalan yang memegang peranan penting untuk meneruskan gaya yang dihasilkan dari kereta api yang melintas di atasnya langsung ke batu-batu kecil yang tertata di bawahnya. Beton Bantalan ini perlu diganti untuk spesifikasi rel yang baru, karena ukuran rel kali ini semakin besar. Beton yang tersedia ini merupakan beton yang sudah sesuai pemakaianya untuk spesifikasi rel dan pengait rel tahun 2012. Bayangkan saja, untuk membawa satu beton ini.. diperlukan 4 orang pekerja yang kekar untuk mengangkatnya. Berat Beton ini sekitar 70-80 kg. Begitu kuatnya beton yang disediakan ini sangat cocok untuk menopang beberapa tahun kedepan berat berton-ton gerbong kereta api.
|
Beton Bantalan Rel Kereta Api tahun 2012 |
Rel Kereta Api yang baru, merupakan fokus utama penggantian ini, karena secara khusus rel ini merupakan cetakan tahun 2012.
|
Rel Kereta Api Spesifikasi tahun 2012 |
Pandrol / Pengait Rel KA dengan Beton Bantalan mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Semuanya telah melewati tes yang cermat untuk memutuskan mana yang mesti dipakai dan lebih kuat / mumpuni dalam menahan (dalam hal ini yang bekerja adalah gaya gesek) pergeseran pada rel saat Kereta Api lewat. Akhirnya yang terpilih adalah pandrol Produksi PT. Pandrol Indonesia yang saat ini menjadi primadona pengait rel kereta api.
|
PT. Pandrol Indonesia. |
|
PT Pandrol Indonesia |
|
Pengait Rel Kereta Api Indonesia; Pandrol Indonesia |
Alas rel kereta api ini seperti terbuat dari plastik, aneh memang.. ketika saya cek alas rel di atas beton yang semula saya kira adalah karet... ternyata adalah plastik. Pastilah ini plastik berkualitas tinggi... karena berton-ton gerbong kereta setiap harinya melintasi dan tentuk menimbulkan tekanan pada plastik ini.
|
Alar Rel Kereta Api di atas Beton |
Keempat komponen di atas merupakan point yang memuaskan dari pembaruan jalur kereta api. Terlihat dari berbagai hal yang diganti pada sarana di jalus kereta api ini adalah barang baru yang merupakan produksi tahun 2012. Komponen di atas menghasilkan perubahan hasil yang terjadi ketika kereta api melintas. Getaran terhadap keberadaan kereta yang sedang melintas semakin berkurang setelah pergantian itu. Inilah yang membuat para keluarga yang bermukim di dekat jalur kereta api ini. Tidak satu dua orang, tetapi kebanyakan mereka mengetahui dan merasakan perbedaan itu.
Pergantian rel ini membawa manfaat tidak saja pada penumpang kereta api, tetapi juga pada masyarakat yang tinggal di dekat jalur kereta api. Setidaknya setelah pergantian rel tersebut, getaran dari lewatnya kereta itu sudah sangat berkurang. Bahkan mengagetkan sekali.. karena saat kereta lewat itu pun bisa saja tidak disadari oleh pemilik rumah. Karena kebiasaan getaran yang besar bagi rumah yang berada di dekat jalur kereta tersebut sekarang sudah berubah total.
Perawatan pasca pergantian pun terus dilakukan oleh PT KAI dengan menerjunkan alat berat yang merupakan produksi Austria untuk menjadi salah satu alat untuk mengecek standarisasi keberadaan rel kereta.
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Plandaan, Tulungagung |
|
Perbaikan Rel Kereta Api Indonesia |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Jawa Timur |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Tulungagung Jawa Timur |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Desa Bago Jawa Timur |
|
Plasser & Theurer |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Bago Tulungaugng; Plasser & Theurer KSP2001 |
|
Perbaikan Rel Kereta Api di Bago Tulungagung; Plasser & Theurer KSP 2001 |
Comments
Post a Comment