Skip to main content

Posts

Materi Manajemen Risiko: Kontrak Perkuliahan Manajemen Risiko Universitas Airlangga

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERS ITAS AIRLANGGA KONTRAK PERKULIAHAN MANAJEMEN RISIKO Referensi: Rejda., George E., Principles of Risk Management   and Insurance, Ninth Edition, 2005. Hanafi, Mamduh M., Manajemen Risiko, 2006 Minggu Topik Sub Topik Bacaan 1 Risiko: Pendahuluan, Identifikasi dan Pengukuran Risiko 1.        Risiko dan Kondisi Ketidakpastian 2.        Tipe-tipe Risiko 3.        Manajemen Risiko 4.        Identifikasi Risiko 5.        Mengukur Risiko Bab 1 dan Bab 4 2 Teknik-teknik Manajemen Risiko 1.        Penghindaran Risiko 2.        Risk Retention 3.        Risk Transfer 4.        Keputusan memilih Alternatif Manajemen Risiko 5.        Pengendalian Risiko Chapter 13 3 Risiko Kerusakan Properti dan Kewajiban ( Liabilities ) 1.        Risiko Properti 2.    

Materi Manajemen Pemasaran & Manajemen Strategik: Analisis Persaingan, Dinamika Persaingan

Competitors (pesaing) adalah perusahaan yang beroperasi pada pasar yang sama, menawarkan produk yang serupa, dan mentarget pembeli yang sama. Contoh: Pepsi vs Coca cola Indofood Vs Wingsfood Cannon Vs Epson Honda Vs Yamaha Apple Vs Samsung dll Perusahaan berinteraksi dengan P esaing mereka sebagai bagian dari konteks yang lebih luas  yang mana   antar perusahaan beroperasi sambil mencoba untuk mendapat penghasilan di atas rata-rata. Sebenarnya persaingan akan membangun sebuah perusahaan untuk lebih meningkatkan kualitasnya dalam mengarungi kancah persaingan. Jika tidak ada pesaing yang berarti, yang terjadi adalah seperti pasar monopoli sehingga kualitas dari jasa dan produk akan ditentukan oleh satu pihak yaitu pihak produsen. Dengan lahirnya persaingan yang sehat (Kartel: persaingan yang tidak sehat) maka perusahaan akan lebih memperhatikan kualitas produknya. Karena jika suatu perusahaan tidak memperhatikan ini, maka mudah saja bagi pelanggan untuk berpaling ke