Skip to main content

Bendungan Klepek, Kabupaten Bojonegoro



Bendungan Klepek (1930) 
Bendungan Klepek merupakan salah satu bendungan yang ada di Indonesia. Walau bendungan tersebut hanyalah kecil dan tidak bisa dipakai untuk PLTA, tetapi bendungan ini mempunyai konstruksi bagus sebagai miniatur bendungan di Indonesia.


Bendungan Klepek di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu


Begitu banyak kenangan ketika kami berada di sebuah desa yang akrab dengan hal-hal yang mengesankan saat Romadhon tiba.. Saat-saat kami bergegas untuk menyiapkan buka bersama di Rumah seorang lurah di desa Sukosewu Bojonegoro. Saat itu kami menyempatkan diri untuk menengok pasar klepek yang sederhana.. Pasar Klepek yang anggun dalam pandangan kita.. Perjalanan melewati Bendungan Klepek yang merupakan miniatur Bendungan  yang tampak indah walau tidak begitu besar... Bendungan yang masih juga ada corat-coret hasil karya pemuda untuk menyematkan tulisanya di sebagian kecil Bendungan Klepek...




Bendungan Klepek dibuat tahun 1930
Bendungan Klepek di Desa Klepek
Bendungan Klepek 1930

Bendungan ini merupakan tempat untuk membendung sungai yang merupakan anak sungai Bengawan Solo. Kita dapat mendapati hal-hal yang menarik dari  bendungan ini adalah perhatian pemerhati lingkungan di kala itu yang menerapkan sistem bendungan pada anak sungai bengawan sebagai langkah untuk mengatur pengairan sawah di Sukosewu Bojonegoro ataupun di Klepek sendiri. Bangunan ini merupakan tempat yang menghubungkan antara Sukosewu dengan Klepek. Bendungan ini juga dekat dengan Pasar Klepek yang merupakan sentra ekonomi Klepek dan Sukosewu.

Bagi kalian yang masih belum tahu dimana lokasi dari Bendungan Klepek, anda bisa mengaksesnya dengan wikimapia denga klik gambar di bawah ini. Karena saya melihat kondisi bendungan klepek dari atas masih berawan, maka saya masih belum bisa menunjukkan gambarnya. Tetapi jika anda ingin mengetahuinya.. klik gambar di bawah ini.

Bendungan Klepek Kecamatan Sukosewu


Kantor Kecamatan Sukosewu di Bojonegoro

Jalan Utama di Desa Sukosewu (2011)

Dari Sungai yang begitu akrab dengan kegiatan sehari-hari penduduk desa Sukosewu,, kemudian kami jadikan tersebut saran untuk pelengkap pembuatan kolam ikan lele di Dusun Jajar Sukosewu. Kenangan itu begitu menggoda bagi siapa saja yang mungkin terlibat dalam pembuatan kolam lele.. Kita bekerja sama dengan penduduk sekitar untuk menaburkan benih lele dengan perpaduan antara lele dan air dari sungai yang nantinya akan bertemu dengan Waduk Klepek.



Baca Juga:


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Informasi Kereta Api: Kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi ber-Ac berangkat dari Tulungagung ke Malang pukul 1.30 (Baru...)

Ilustrasi Kereta Aneh Malam yang aneh ini (21 September 2012) Kereta Api apa ini??   Klasifikasi Kereta sekitar 9 rangkaian gerbong (yang saya ingat, dari yang saya lihat malam ini pukul setengah dua): 1 Gerbong Lokomotif, 3 Gerbong Kelas Eksekutif Berkorden Merah Muda (pink), 1 Gerbong Kereta Makan 3 Gerbong Kelas Ekonomi ber-AC,  1 Gerbong Kereta Barang Kereta kok melintasi Tulungagung pada malam hari?? Ketika saya masih terjaga pada malam hari sekitar pukul setengah dua malam, nampaklah aneh pada saat itu.. Terlihat Kereta Api melintas menuju Stasiun Tulungagung sekitar pukul setengah dua. Nampaknya kereta api itu akan menuju ke stasiun Blitar, dan terakhir Stasiun Malang. Kereta Apakah itu??   Saat itu saya bergegas melihat KA. yang aneh itu... Sempat terlintas di benak saya, bahwa KA. itu adalah kereta api Gajayana.. Eh.. kok aneh pada rangkaianya... ada Gerbong Eksekutif sejumlah 3 Gerbong dengan korden warna merah muda (pink), Gerbong...