Skip to main content

Info Kereta Api: Fungsi Penataan Batu-batu Kecil (Kerikil) pada Jalur Kereta Api

Penataan batu-batu di dekat rel bukan begitu saja di letakkan, tetapi perlu adanya perlakuan khusus atas batu yang ditata di dekat rel kereta. Ukuranya pun tertentu, tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu keci. Kalian dapat melihatnya kira-kira seperti ini bentuk batunya (ukuranya: mempunyai panjang relative antara 8cm-10cm).

Agustus 2012: Salah satu Potret Batu di samping Rel KA.


Becanda dengan Batu-batu Kecil di dekat rel KA.
Apa sebenarnya fungsi Batu kerikil yang diletakkan di dekat Rel Kereta Api?? Hal ini merupakan hal yang mungkin akan terlewatkan pada benak kita.. dan bahkan bisa menjadi guyonan (joke) bahwa
kenapa di sekitar rel dikasih Batu Kerikil? Karena kalau dikasih roti ntar bisa habis... :)
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menempatkan sebuah batu pada rel kereta api.. Karena perhatian terhadap letaknya.. PT KAI pun memulai untuk menata batu kerikil tersebut yang sebelumnya terletak berserakan di sekitar kereta. Tampak pada foto di bawah ini seorang pekerja yang serius dalam mendulang batu dan menatanya di pinggir.

Penataan Batu-Batu Kecil di samping rel Kereta Api

Fungsi Penataan Batu Kecil di Jalur Kereta Api

Fungsi Penataan Batu Kerikil di Jalur Kereta Api

Fungsi Penataan Batu Kerikil di Jalur Kereta Api

Beberapa Fungsi Penataan Batu di samping rel KA.
Sebenarnya, apa sih fungsi dari batu kerikil tersebut?
Fungsinya adalah:
  • Untuk menanggulangi tumbuhnya rumput yang mungkin akan tumbuh di dekat Rel Kereta Api.
  • Untuk menampung kotoran akibat dari BAB dan BAK ataupun dari tetesan Oli atau bahan bakar lain dari lokomotif yang jatuh. Sehingga kejatuhannya itu tidak akan meresap di antara celah-celah batu-batu kecil. Nah ketika semua itu jatuh diantara batu-batu kecil tersebut, maka kenampakan bekas akibat (BAB,BAK, Oli dan Bahan-bahan lain) tidak terlalu nampak dari luar dan mengurangi adanya bau yang dapat ditimbulkan akibat hal tersebut. Makanya Kebanyakan batu kecil (kerikil Tersebut di letakkan di pinggir). Anda bisa melihat hal itu dengan adanya tanda dari batu-batu yang menghitam karena kejatuhan sesuatu dari atas.

  • Untuk mengurangi peluang binatang yang bersarang di sekitar rel kereta api. Seperti kemungkinan tikus, ular, ataupun binatang lain yang bisa mengganggu stabilitas rel.
  • Untuk memberikan meneruskan energi yang ditimbulkan akibat benturan dari Roda Lokomotif dengan Rel Kereta Api. Benturan tersebut akan menghasilkan Panas, Getaran, Suara, Percikan api, energinya akan tersalurkan ketika batu yang ada di dekatnya ikut bergerak. Gerakan tersebut merupakan salah satu energi yang ditimbulkan dari gaya kontak antara Lokomotif dan Rel yang berakibat pada benturan antara Partikel Roda dan Rel. Semua Energi yang timbul akibat berjalanya sebuah Lokomotif di atas Rel akan diubah yang diubah menjadi Panas, Getaran, Suara, Percikan api, dan yang lainya adalah gerakan batu di sekitarnya. Jika batu disekitarnya tidak ada, atau bentuknya terlalu besar, atau berupa bongkahan yang sangat besar, tentu hal itu akan mengakibatkan adanya penambahan di salah satu Energi yang ditimbulkan akibat benturan Roda dan Rel, Entah itu pada Panas yaitu panas yang ada pada rel kereta dan Roda Lokomotif,  Suara, Percikan Api, Atau pada Getaran.

Perkecualian peletakkan batu-batu kecil di samping rel KA.
Tetapi penggunaan Batu tidak diadakan ketika kereta Jalur kereta melintas di atas Jembatan atau melintas persimpangan jalan aspal. Karena hal itu sudah tertanggulangi risiko-risiko seperti yang saya ungkapkan di atas. Tetapi ketidak adaan batu kerikil maka akan menjadikan Suara yang dihasilkan akibat benturan roda dan rel semakin keras, kalor yang timbul semakin tinggi (panas), getarannya semakin besar dan Percikkan api pun semakin besar pula.. kecuali yang berada di jembatan.. karena peredamnya bertambah yaitu adanya angin yang berhembus, sehingga Percikkan api pun dapat diperkecil dengan hal itu.

Kalau pun misal di persimpangan jalan aspal dikasih bebatuan, maka akan menggangu pengguna jalan aspal lainya.. sehingga terjadi kasus di sekitar persimpangan antara jalur kereta dan jalan aspal di Wonokromo Surabaya yang mengakibatkan banyak pengendara motor yang terjatuh.
Foto di bawah ini merupakan foto persimpangan kereta api di Wonokromo Surabaya. Pada gambar di bawah ini, tampak aspal sudah sejajar dengan Rel Kereta, yang mana pada saat sebelum di aspal itu, banyak penumpang kendaran bermotor yang terjatuh, karena terpeleset batu-batu untuk menyejajarkan jalan dengan rel KA.

Persimpangan Kereta api di Wonokromo, tampak aspal baru pada foto di atas, sebelum di aspal tersebut sebelumnya memakai batu kerikil.. sehingga membahayakan pengendara sepeda motor


Baca Juga:
Fungsi Sambungan rel KA, Panjang Pemuaian pada siang dan pagi hari.
Perawatan Jalur Kereta Api Pasca Pergantian Rel KA.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be