Skip to main content

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api

Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi.

Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana).


CC 201
Lokomotif CC 201

  • Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
  • Panjang body: 14134 mm
  • Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
  • Lebar badan (body): 2642 mm
  • Tinggi maksimum: 3636 mm
  • Jarak gandar: 3304 mm
  • Jarak antar pivot: 7680 mm
  • Diameter roda penggerak: 914 mm
  • Diameter roda idle: -
  • Tinggi alat perangkai: 770 mm
  • Berat Kosong: 78 ton
  • Berat siap 84 ton
  • Tipe: GE-7FDL8 ( Ford-Donaldson Diesel Eng. Corp )
  • Kecepatan Maksimum: 120 Km/jam
  • Gaya Tarik Maksimum (adhesi) 17640 kgf
  • Kecepatan minimum kontinue: 24km/jam
  • Bahan Bakar: 3028 liter
  • Minyak Pelumas: 984 liter
  • Air Pendingin: 648 liter

Lokomotif CC203


Lokomotif CC 203



CC204
Lokomotif CC 204



Tipe Mesin : GE 7FDL 8
  • Jenis : 4 Langkah 2 tingkat turbocharge
  • Daya Mesin : 2350 HP
  • Sistem Rem : Udara tekan, dinamik, parker
  • Tipe Kompresor : Gardner Denver WBO
  • Jumlah Motor Traksi : 6
  • Berat Adhesi : 84 ton
  • Kecepatan maksimum : 120 km/jam
  • Gaya tarik maksimum : 14500 Kgf
  • Bahan Bakar (HSD) : 3028 lt
  • Minyak Pelumas : 984 lt
  • Air Pendingin : 681 lt
  • Pasir : 510 lt
  • Track Gauge : 1067 mm
  • Panjang Body : 14134 mm
  • Lebar Body : 2642 mm
  • Tinggi Maksimum : 3636 mm

Sedangkan gerbong penumpang, berat kosong gerbong penumpang ini sekitar 30 ton, bayangkan bila berjejer hingga 10 gerbong, totalnya berapa ton?? belum lagi dari berat gerbong barang, dan gerbong makan. Inilah yang membuat saya heran, dan mungkin kalian pun heran.. apakah gerangan?? bahan yang terdapat pada rel kereta api?? wah.. kuat sekali ya???


Sambungan Rel KA.
Sambungan Rel Kereta Api, mungkin bagi sebagian anda tidaklah begitu memperhatikan tentang sambungan rel KA, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sambungan rel tersebut, dan panjang pemuaiannya. Kalau kita enggan memperhatikan kondisi realitas alam sekitar, maka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelajaran dari tanda-tanda kekuasaan Alloh Swt.

Apa fungsinya?? sambungan Rel KA....
Lihat gambar berikut ini:
Dokumentasi Inet: Rel Melengkung-lengkung

Tahukah anda?? rel itu melengkung-lengkung bukan karena rel kereta itu tidak kuat lagi menopang berat KA. yang melintas.. tetapi pemuaian yang terjadi karena terpaan sinar matahari. Kok bisa?? ya..?? Begini sekuat apa pun rel kereta api itu, kalau sudah terkena sinar matahari, maka akan terjadi pemuaian.. berapa panjanganya??? nah... masalah panjangnya itu tergantung dari densitas suatu bahan dalam suatu komponen rel kereta api, serta intensitas sinar matahari (candela). Ketika kedua hal ini sudah memenuhi syarat (terjadi pemuaian).. maka rel kan molor semakin panjang...

Untuk mengatasi hal itu, makakanya rel KA. itu dibuat sambungan-sambungan.. untuk mengantisipasi adanya pemuaian rel KA.

Dokumentasi Detik: Pemutusan Rel, untuk membuat sambungan rel KA.

Seperti Apa Model Sambungan rel KA. itu?? dan seberapa besar pemuaianya?? Maka untuk dapat melihat seberapa besar pemuaianya atau seberapa kuat cahaya matahari bisa melunakkan rel kereta sekalipun.. saya menunjukkan kepada anda tentang dua hal yaitu:
Foto saat pagi hari dan Foto Saat Siang Hari

Foto Saat Pagi Hari

Sambungan Rel Kereta Api pada pagi Hari


Sambungan Rel Kereta Api di pagi hari sekitar pukul 09.00

Sambungan Rel Kereta Api di Pagi Hari sekitar pukul 09.00


Foto Saat Pagi Hari
Bagaimanakah jika diambil pada siang hari??bagaimana bentuk sambungan itu??Anda tentu bisa memperkirakan sendiri sebesapa panjang pemuaianya.

Sambungan Rel Kereta Api pada siang hari

Sambungan Rel Kereta Api pada siang hari pukul 13.00


Alloh Swt yang telah menciptakan matahari, Dan seluruh alam semesta ini semuanya bertasbih kepada Alloh Swt. Tidakkah kita memahami,, bahwa tujuan hidup kita adalah untuk mencari ridho alloh swt. dengan tauhid, dengan beribadah kepadanya, dengan islam.. Renungkanlah.. begitulah kekuasaan Alloh Swt. yang telah menciptakan matahari.. yang dengan cahanya dapat melunakkan besi, sehingga terdapat pemuaian.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Robb kami.., tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Qs. Ali Imron: 190-191)
Subhanalloh.. Alloh lah yang telah menciptakan besi.. sehingga bermanfaat bagi kehidupan kita. Alloh lah yang mengetahui segala kebutuhan kita..

....Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Alloh mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Alloh tidak dilihatnya. Sesungguhnya Alloh Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Qs. Al Hadid: 25)

Sudahkah kita berdo'a kepadaNya?? sudahkah kita memenuhi perintahNya?? Sudahkah kita mempersiapkan niat untuk meraih ridhoNya?? sudahkah ???

Comments

  1. BESARNYA PEMUAIAN PANJANG REL KERETA API DAPAT DIHUTUNG DENGAN RUMUS MUAI PANJANG:
    L1=L0(1+a(t1-t0)

    ReplyDelete
  2. makasih gan info mengenai kereta api banyak sekali di blog agan, ada 4 soal KA yang ane baca hari ini.

    ReplyDelete
  3. Apa saja persyaratan sambungan rel?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be