Skip to main content

Struktur Modal dan Nilai Perusahaan




Berbicara tentang Nilai Perusahaan maka akan erat kaitanya dengan Struktur Modal perusahaan. Ingat.. modal tidak mesti harus uang, itu yang perlu kita tanamkan dalam mindset kita. Tidak semua modal itu berupa uang. Uang merupakan kas yang jadi aktiva paling liquid (mudah dicairkan ) untuk perusahaan, atau mudah sekali ditukarkan dengan barang dalam waktu cepat. 


Modal digunakan untuk mendapatkan aktiva yang akhirnya dimanfaatkan untuk operasional sehari-hari perusahaan. Jadi jangan persempit mind set kita dengan menetapkan bahwa modal itu harus berupa uang.



Pemilihan susunan kualitatif pada sisi assets akan menentukan struktur kekayaan perusahaan, sedangkan pemilihan susunan kualitatif dari sisi liabilities dan equities akan menentukan struktur keuangan dan struktur modal perusahaan” 

(Riyanto, 1984)




Struktur Asset , Struktur Keuangan, Struktur Modal
Perusahaan



Struktur Modal dan Struktur Keuangan

Wasis (1981) menyatakan bahwa struktur modal harus dapat dibedakan dengan struktur keuangan. Struktur keuangan menyatakan dengan cara bagaimana harta perusahaan dibiayai. Oleh karena itu struktur keuangan adalah keseluruhan yang terdapat di dalam Neraca sebelah kredit. Pada neraca sebelah kredit terdapat hutang jangka panjang maupun jangka pendek, dan modal sendiri baik jangka panjang maupun jangka pendek. Jadi struktur keuangan mencakup semua pembelanjaan baik jangka panjang maupun jangka pendek. Sebaliknya struktur modal hanya menyangkut pembelanjaan jangka panjang saja. Tidak termasuk pembelanjaan jangka pendek.



Weston dan Copeland (1992) memberikan definisi struktur modal sebagai pembiayaan permanen yang terdiri dari hutang jangka panjang, saham preferen, dan modal pemegang saham. Nilai buku dari modal pemegang saham terdiri dari saham biasa, modal disetor atau surplus modal dan akumulasi laba ditahan. Bila perusahaan memiliki saham preferen, maka saham tersebut akan ditambahkan pada modal pemegang saham.


Menurut Lawrence, Gitman (2000, p.488), definisi struktur modal adalah sebagai berikut: ”Capital Structure is the mix of long term debt and equity maintained by the firm”. Struktur modal perusahaan menggambarkan perbandingan antara hutang jangka panjang dan modal sendiri yang digunakan oleh perusahaan. Ada dua macam tipe modal menurut Lawrence, Gitman (2000) yaitu modal hutang (debt capital) dan modal sendiri (equity capital). Tetapi dalam kaitannya dengan struktur modal, jenis modal hutang yang diperhitungkan hanya hutang jangka panjang.




Sekarang Mari kita membuka cakrawala kita tentang permodalan sehingga kita mengetahui dengan jelas definisi dan penjabaran dari modal. 

Struktur Modal Perusahaan

Modal Tidak selalu UANG




Definisi Utang Jangka Panjang

Tentu diantara kalian ada yang mengenal tentang utang ya? Utang adalah adalah sejumlah uang atau barang yang dipinjam dari orang lain, atau perusahaan lain. Utang ini memiliki makna sederhana tentang sesuatu hal yang mesti dikembalikan oleh pemakai kepada peminjam. Berkaitan dengan pinjam meminjam, tentu hal ini berkaitan dengan waktu pengembalian. Nah, terkait dengan waktu, utang itu terbagi menjadi dua yaitu utang jangka pendek dan utang jangka panjang. Utang Jangka Panjang inilah yang termasuk dalam Struktur Modal perusahaan yang mesti diperhatikan oleh perusahaan dalam mengatur kinerjanya.

Hutang Jangka Panjang adalah hutang yang memiliki masa pengembalian lebih dari 1 tahun. Dalam bahasa yang lebih kompleksnya hutang jangka panjang adalah pengorbanan manfaat ekonomi yang "probable" di masa akan datang yang timbul dari kewajiban sekarang yang akan dilunasi dalam jangka waktu yang lebih  dari satu siklus operasional dalam satu tahun, atau tidak akan dilunasi dengan sumber-sumber yang dikelompokkan sebagai aktiva lancar.  Yang termasuk dalam kelompok utang jangka panjang adalah:
Utang Wesel Jangka Panjang Utang yang berbentuk bukti tertulis formal, yang isinya tertulis kesanggupan untuk membayar pada tanggal tertentu.

Menurut Sundjaja dan Barlian (2003, p.324), “hutang jangka panjang merupakan salah satu dari bentuk pembiayaan jangka panjang yang memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun, biasanya 5 – 20 tahun”. 


Utang Hipotek
Kewajiban-kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari satu tahun atau lebih dari satu siklus operasi perusahaan. Apa itu hipotek? hipotek adalah








Contoh:






Utang Pensiun





Utang Sewa Guna Usaha





DEBT
Sebelum berbicara lebih lanjut tentang Debt ketika seseorang mendengar tentang Debt pasti di dalam benaknya akan timbul luapan jawaban bahwa 'Debt' itu adalah hutang. Tidak ada yang salah dalam pernyataan itu, tetapi dalam konteks struktur modal kali ini, yang dimaksud Debt adalah Hutang Jangka Panjang yang sering digunakan oleh perusahaan besar untuk menjadi pengungkit (leverage) Nilai perusahaannya. Sedangkan debt dalam arti hutang jangka pendek ditambah dengan hutang jangka panjang itu adalah debt dalam artian struktur keuangan perusahaan.

Modal Sendiri



Nilai Perusahaan go public
Nilai perusahaan yang go public dapat dihitung dari Harga Sahamnya.. jika harga saham perusahaan naik.. maka berarti nilai perusahaan juga iktu naik. Nah inilah hal yang umum yang sudah kita ketahui sebelumnya. Perusahaan yang ingin bernilai maka harus pandai dalam mengelola keuanganya. Bagaimana caranya?? dengan memanfaatkan leverage (pengungkit) nilai perusahaan.

Berbicara tentang Nilai Perusahaan maka akan erat kaitanya dengan Struktur Modal perusahaan. Perubahan penggunaan utang akan mempengaruhi Struktur Modal perusahaan. Untuk gambaran lebih jelas,, lihat gambar berikut ini.




Beda Struktur Modal dan Struktur Keuangan

Jika perusahaan menggunakan Leverage dalam keuanganya, maka perusahaan tersebut memiliki sokongan dana dari luar untuk membantu mengungkit nilai Perusahaan. Contoh Leverage yang digunakan oleh perusahaan adalah Hutang Jangka Panjang. 

Dalam sesi perbincangan kali ini tentang Hutang, akan saya jelaskan bagaimana  pengaruh hutang terhadap nilai perusahaan. Utang sebagai pengungkit  (leverage) akankah ia akan menerbangkan nilai perusahaan ke tempat yang sesuai dengan keinginan? ataukah akan ada akibat lain yang ditimbulkan jika utang perusahaan terlalu banyak? 

Sesuai dengan realita yang ada, bahwa pajak dan biaya kebangkrutan tentu ada dalam dunia nyata perusahaan. Maka dalam kesempatan kali ini saya akan mengulasnya dengan Struktur Modal dan Nilai Perusahaan.

Jika ada pajak dan biaya kebangkrutan, dengan semakin banyak jumlah utang dibandingkan modal sendiri yang pada mulanya akan meningkatkan nilai perusahaan. Hal ini terjadi karena pengaruh penghematan pajak. Namun, jika penggunaan Hutang dengan Modal Sendiri melampaui titik tertentu (D/E) maka penggunaan hutang tersebut akan berdampak pada nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan penggunaan hutang yang semakin tinggi akan meningkatkan kemungkinan tidak terbayarnya hutang tersebut akan berdampak padapenurunan nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan penggunaan hutang yang semakin tinggi akan meingkatkan kemungkinan tidak terbayarnya hutang tersebut (adanya kesulitan keuangan salah satun sebabnya). Dengan kala lain penghematan pajak akan meningkatkan nilaiperusahaan lebih kecil dbandingkan dengan munculnya biaya kebangkrutan.

Dengan demikian jika ada pajak dan biaya kebangkrutan akan terjadi struktur modal yang optimal yaitu struktur modal yang menghasilkan nilai perusahaan yang maksimal dan biaya modal minimal bagi perusahaan.







Kebijakan Struktur Modal
Keputusan struktur modal sangat penting bagi setiap organisasi bisnis/perusahaan. Keputusan ini penting karena kebutuhan untuk memaksimalkan kembali ke berbagai bagian penting dari organisasi, dan juga karena dampak keputusan seperti memiliki pada kemampuan perusahaan untuk menghadapi lingkungan yang kompetitif.

                                

Struktur modal adalah kondisi secara keseluruhan terhadap kewajiban dan ekuitas perusahaan. Kewajiban perusahaan terdiri dari hutang-hutang yang mereka lakukan, sedangkan ekuitas, apabila perusahaan go public, maka termasuk saham yang beredar adalah termasuk



Struktur Modal secara umum dapat disebut sebagai porsi (debt) utang terhadap modal (ekuitas) perusahaan suatu perusahaan. Ketika perusahaan memutuskan untuk mengembangkan perusahaanya, maka struktur modal yang bagus sangatlah dibutuhkan.



Sebenarnya perusahaan itu bisa menambah kondisi struktur modal perusahaan dengan berbagai hal, seperti mengeluarkan saham, mengeluarkan surat utang, serta yang berikutnya adalah dengan meminjam uang. Bagaimana mendapatkan dana dari luar?? yaitu dengan mendapatkan penambahan modal pada utangnya. Pada keputusan Struktur Modal ini fokus kita adalah pada Hutang Jangka Panjang. Sebenarnya Hutang Jangka Pendek itu juga termasuk dari bagaimana perusahaan mengelola struktur modalnya, tetapi karena rumus secara umum dari struktur modal adalah Debt/ Ekuitas, dengan Debt yang dimaksud adalah Hutang Jangka Panjang. Hutang Jangka panjang sering kali digunakan sebagai pengungkit sebuah perusahaan untuk memilikki peningkatan pada kualitas keuanganya.





Kenapa Struktur Modal ini penting bagi suatu perusahaan? Jawabanya adalah karena jika organisasi/perusahaan salah dalam mengelola keuanganya pada keputusan struktur modalnya akan berdampak pada leverage (pengungkit sebuah perusahaan)





Struktur modal perusahaan sebenarnya campuran efek yang berbeda. Secara umum, perusahaan dapat memilih di antara modal banyak alternatif struktur. Hal ini dapat mengeluarkan sejumlah besar utang atau utang sangat sedikit. Hal ini dapat mengatur sewa pembiayaan, penggunaan waran, masalah obligasi konversi, menandatangani kontrak forward atau obligasi perdagangan swap. Hal ini dapat mengeluarkan puluhan surat yang berbeda dalam kombinasi yang tak terhitung jumlahnya, namun upaya untuk menemukan kombinasi tertentu yang memaksimalkan nilai pasar secara keseluruhan.

Sejumlah teori telah dikemukakan dalam menjelaskan struktur modal perusahaan. Meskipun daya tarik teoritis dari struktur modal, para peneliti di keuangan manajemen belum menemukan struktur modal yang optimal. Yang terbaik yang akademisi dan praktisi telah mampu mencapai yang resep yang memenuhi tujuan jangka pendek. Misalnya, kurangnya konsensus tentang apa yang akan memenuhi syarat sebagai modal yang optimal Struktur telah mengharuskan perlunya penelitian ini. Pemahaman yang lebih baik dari masalah yang dihadapi memerlukan melihat pada konsep struktur modal dan pengaruhnya terhadap perusahaan profitabilitas.
 

artikel ini masih dalam perbaikan

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be