Skip to main content

Info Tulungagung: Jembatan Grobokan ( Jembatan Plengkung) Tulungagung

Jembatan Plengkung Tulungagung


Klasifikasi Jembatan Grobogan / Jembatan Plengkung:
  • Dibuat pada tahun 1925
  • Bahan: besi dan beton
  • Bentuk: Terdapat Tiga Lengkungan Beton
  • Panjang Jembatan: kurang lebih 45m
  • Lebar Jembatan: kurang lebih 7m (belum termasuk tambahan jembatan di sisi tepinya)
  • Lebar Jembatan keseluruhan: 15m (termasuk tambahan jembatan di sisi tepinya)


Jembatan Mangunsari Tulungagung



Jembatan Grobogan / Jembatan Plengkung

Nama Jembatan ini, diambil dari nama daerah keberadaan Jembatan ini, yaitu pada daerah Dusun Grobogan, sehingga warga mengenalnya dengan nama Jembatan Grobogan. Nama Jembatan Plengkung diambil dari bentuknya yang terdapat 3 lengkungan beton pada sisi jembatan.

Jembatan ini bisa diketahui kapan pembuatanya dengan melihat Tahun pembuatan Beton yang berada di Sisi Sebelah Timur Jembatan bagian tepi Utara Jembatan. Anda bisa melihat Tahun Pembuatan Beton seperti pada gambar di bawah ini

Tahun Pembuatan Jembatan Grobogan Mangunsari (1925)


Tahun Pembuatan Jembatan Grobogan Mangunsari Tulungagung

Tahun Pembuatan Jembatan Plengkung Tulungagung


Beton ini sebagai bukti bahwa pada tahun-tahun tersebut seseorang juga mampu untuk membuat bahan yang kuat untuk menyokong keberadaan Jembatan. Teroris Belanda membuatnya pada awal-awal keberdaanya di Tulungagung dan akhirnya menghancurkanya pada saat agresi militer oleh Teroris Belanda tetapi tidak mampu menghancurkanya.


Banyak lalu lalang yang terjadi di sekitar Jembatan Grobokan Tulungagung. Jalan yang merupakan daerah  pasar sebagai tempat jual beli barang-barang sehari-hari baik dari Pasar Wage maupun dari Pasar Ngemplak. Kita mungkin akan begitu saja melewati jembatan yang sudah berdiri sejak tahun 1925. Ini merupakan jembatan bersejarah di Tulungagung. Jembatan ini sempat diBom oleh Teroris Belanda yang menginginkan kerusakan di Tulungagung dan memutus Perjalanan dari daerah yang terbatasi oleh Sungai yang melintasi di Tulungagung. Sekarang keberadaanya sangat membantu warga Tulungagung untuk dapat menjangkau kota Tulungagung bagi warga Tulungagung yang berada di wilayah barat Sungai. Sekarang mempermudah perjalanan para pedagang sayur yang mulai lalulalang di sekitar wilayah Pasar Wage dan Pasar Ngemplak.

Jembatan Grobogan Mangunsari Tulungagung


Ketika kita mau mengetahui bagaimana sejarah jembatan ini, tentu akan sangat heran dengan jembatan yang dibuat oleh Teroris Belanda di Indonesia, terutama yang berada di wilayah Tulungagung. Teroris belanda selain mereka menjajah penduduk Tulungagung, mereka juga menyebarkan agama kristen, baik katolik maupun protestan. Jadi jika kalian mememeluk agama kristen maka kalian sama saja dengan memeluk agama teroris Belanda yang sifatnya penjajah. Jembatan ini menjadi saksi bisu kebiadaban Teroris Belanda yang menjajah warga Tulungagung baik mental maupun fisiknya.
Pada saat agresi militer belanda di Indonesia sekitar tahun 60an, jembatan ini pernah diusahakan untuk diruntuhkan, tetapi mereka tidak bisa melakukanya, saat itu mereka sedang mengerahkan kekuatanya. Ini merupakan bukti kekokohan dari bangunan ini, bangunan yang sudah hampir sekitar 87 tahun membentang dari sisi ke sisi sungai  Brantas yang melintasi Tulungagung.

Kalian dapat menikmati beberapa gambar Jembatan Grobogan di bawah ini.



Jembatan Grobogan Tulungagung

Jembatan Grobogan Mangunsari Tulungagung

Jembatan Plengkung Tulungagung

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be