PT KAI. berbenah diri seiring banyak perubahan yang terjadi pada tata kelola Perjalanan Kereta Api. Mulai dari Tiket Bernomer Tempat Duduk untuk kereta api lokal (berjarak pendek) antara Surabaya, Malang, Blitar, Tulungagung, Kertosono dan kembali lagi ke Surabaya, sampai pada ketetapan tarif Rp 5.500 untuk kereta lokal dengan jarak terjauh. Hal itu merupakan langkah yang menggembirakan bagi konsumen kereta api. Hal ini tentu saja penuh dengan perhitungan yang dilakukan PT KAI untuk menjadikan kereta api sebagai ikon transportasi di Pulau Jawa.
Kita telah mengetahui bahwa perbaikan Jalur kereta api merupakan langkah yang tepat, karena bagaimana pun tidaklah bisa dipisahkan antara kereta api dengan rel nya. Jika rel nya ada masalah, maka kereta api pun juga akan mendapatkan masalah dalam kinerjanya. Kita telah mengetahui bahwa pergantian dari bantalan rel kereta secara menyeluruh dari Kayu menjadi Beton pada tahun 1990 an merupakan langkah yang baik untuk menindak lanjuti kecemasan penumpang akan rel yang semakin tua sedangkan bantalanya juga terbuat dari kayu. Beton pun banyak digunakan pada bantalan kereta api di seluruh indonesia pada tahun 1995an. Ini merupakan suatu perwujudan tindakan preventif terhadap adanya kecelakaan kereta api disebabkan karena jalur yang tidak layak pakai.
Perbaikan rel Kereta Api pada Juli 2012
Sebenarnya sudah kurang lebih tiga tahun yang lalu, PT KAI. melakukan perbaikan pada wilayah sekitar rel Kereta. Hal ini merupakan langkah untuk mengamankan batu-batu kecil yang menghiasi bantalan rel kereta api agar tidak longsor. Sedikit demi sedikit PT KAI. melakukan perubahan dan tibalah saatnya di desa Bago pada Juli 2012 pembenahan daerah wilayah sekitar rel Kereta pun dilakukan. Dengan cara menambah banyak batu yang digunakan untuk penahan getaran rel, juga ditambah dengan bangunan yang melindungi batu tersebut dari longsor akibat terkena getaran dari kereta.
Selain untuk mengantisipasi kenyamanan penumpang saat menjelang hari raya idul Fitri nanti, hal ini merupakan langkah jangka panjang bagi perjalanan kereta api kelak yang sangat dirindukan kenyamananya. Dengan batu-batu besar yang diangkut di Truk, Pekerja siap untuk membikin pondasi pembatas, yang dapat membatasi batu yang ditata di sekitar rel untuk tidak longsor ke bawah.
Dokumentasi Pribadi Juli 2012 |
Tetapi walaupun ini adalah salah satu faktor usaha dari PT KAI. untuk memperbaiki kualitas pelayananya, masih ada juga hal yang masih belum bisa direalisasikan yaitu Kereta Api Bebas Asap Rokok... Hal ini merupakan langkah yang baik, untuk melindungi kesehatan penumpang. Karena kenyamanan perjalanan, adalah ketika kesehatan penumpang itu bisa terjaga.
Comments
Post a Comment