Skip to main content

Nasihat: Malam yang indah Ketika Sepertiga Malam terakhir



Sesungguhnya dunia ini ranum dan hijau, dan sesungguhnya Alloh menguasakanya (dunia itu) atas kalian. Dia (Alloh Swt) melihat apa yang kamu perbuat, maka takutlah kalian kepada dunia dan takutlah terhadap (fitnah) wanita, karena fitnah yang pertama kali menimpa Bani Israil adalah wanita (Hr. Muslim no.2742)
Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia melalaikanya ialah: Kesehatan dan Waktu Luang (Hr. Bukhori: 7/170)

Sufyan Ats Tsauri:
Tidak ada sesuatu yang terasa lebih berat bagiku kecuali membenahi niatku, sesungguhnya ia berbolak balik pada diriku ( Buku Memburu Warisan Nabi)

Imam Syafi'i: 
Sejauh mana kesungguhan 
Sejauh itu pula teraih ketinggian

Barangsiapa menyangka
Bahwa ada ketinggian tanpa kesungguhan

Berarti ia telah menyia-nyiakan usianya
untuk meraih hal yang mustahil diraih (Buku Memburu Warisan Nabi)

Fudhail bin Iyadh
Senantiasa orang yang pandai  itu diliputi kebodohan terhadap apa yang diketahuinya sehingga ia mengamalkanya. Jia ia telah mengamalkanya maka ia benar-benar orang yang pandai

Betapa sejuk betapa harum semerbak malam yang menyibukkan bagi seorang muslim yang kian hari menjaga keistiqomahan nya dalam melaksanakan Qiyamul Lail. Beberapa baris hafalan dari Al Quran menjadi hal yang menarik di suatu malam bagi para perindu syurga... Engkau yang telah mengenal waktu.. engkau yang telah mengenal hari..ketahuilah... waktu siang telah menyibukkan kita.. waktu siang telah membuat kita lalai dalam hal-hal yang dapat mendekatkan diri kepada Alloh Swt. Waktu siang tersebut telah menjadi kesibukkan kita yang banyak, kesibukan yang membawa kita mengarungi beberapa waktu untuk dunia. Kini malam ini telah tiba...  malam yang begitu manis untuk mentadaburi Al Qur'an.. malam yang begitu indah untuk bertemu dan mengadu ke Alloh Swt.

Malam yang indah ketika sepertiga malam hanya bisa dirasakan oleh orang yang memiliki hati yang bersih..dengan segala amal yang pernah dia kerjakan di Jalan Alloh. Keindahan tersebut semakin bisa dirasakan ketika mereka berada pada puncak keimanan. Setiap orang berbeda-beda dalam menyikapi suatu malam yang membuatnya berdiri untuk segera menundukkan hatinya dalam menghadap Alloh Swt. Hati yang sakit tidak bisa merasakan segarnya malam itu.. hati yang sakit akan merasakan kehambaran ketika berdiri untuk melaksanakan Qiyamul Lail.


Menyeruak ke dalam dada.. sehingga merasakan ketenangan dan kenyamanan ketika mereka bisa secara istiqomah dapat menjalankanya.. Di saat kebanyakan orang tertidur pulas.. engkau malah menangis... dan memohon Ampun kepada Alloh... alangkah indahnya hal ini.. jika engkau mampu melakukanya.. dengan baik.. Suara lirih dan merdu bacaan Al Qur'an menghiasi suasana rumah setelah melakukan Qiyamul Lail. Malam ini juga merupakan malam yang menjadi kesempatan bagi para pemuda yang ingin menjaga hafalanya, bagi para pemuda yang ingin berlomba-lomba seperti untuk beramal sholeh.

Malam itu juga menjadi malam bagi orang yang punya motivasi kuat untuk meraih keindahan di dunia dan di akhirat. Malam itu berlalu secara pasti ke waktu subuh. Di saat orang-orang yang sedikit sekali melakukan hal itu  di kala banyak orang yang tertidur pulas dan melalaikan saat-saat indah ketika tidak banyak orang diantara orang-orang yang menjaga Qiyamul Lail nya... dan Tidak banyak diantara orang-orang yang menjaga Qiyamul Lail nya itu. yang menjaga niatnya hanya untuk meraih Ridho Alloh Swt.

Sufyan Ats Tsauri:
Aku tidak bisa sholat malam lima bulan lamanya hanya karena lantaran satu dosa yang kulakukan...
"Aku pernah melihat seorang laki2 menangis dan aku membatin daam hati 'itu adalah karena riya' '"

Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang sholih sejak zaman dahulu. Oleh karena itu Nabi menghasung para sahabat untuk melakukan shalat malam.

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Alloh). (Qs. Adz Dzariyat: 15-18)
Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail, karena sesungguhnya ia adalah jalanya orang-orang sholih sebelummu, dan merupakan qurbah (pendekatan) kepada Rabbmu, serta sebagai penghapus kejelekan2 dan pencegah perbuatan dosa (HR. Thabrani dengan derajat hasan)


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be