Skip to main content

Manfaat Tumbuhan Putri Malu bagi Tubuh

Dokumentasi Pribadi


Tumbuhan Putri Malu merupakan tumbuhan yang hidup bersama dengan rumput-rumput liar. Dimana ada rumput liar, di situ pula sering ditemui tumbuhan ini. Tumbuhan ini tidak kebetulan saja hidup di sekitar kita, melainkan semua itu atas Takdir Alloh Swt. Engkau yang mengaku berakal, maka engkau mesti memahami hal itu, bahwa tidak ada yang kebetulan di Dunia ini. Semuanya telah di atur oleh Alloh Swt. 

Perhatikanlah tanaman yang ada di sekitarmu, siapa tahu diantara hal itu terdapat tumbuhan yang bermanfaat terhadap kesehatan tubuh kita. Engkau yang paham, bahwa tumbuhan itu tidak begitu saja hidup di sekitar kita, tetapi tumbuhan itu atas kehendak Alloh Swt. Maka ketika engkau memperhatikan sekelilingmu, engkau akan menjumpai tumbuhan yang jika diteliti kebanyakan cocok dengan obat yang menjadi penawar orang yang di sekilingnya. Jadi jangan remehkan tumbuhan yang hidup di sekitar anda.. Alloh Swt. telah menciptakan sesuatu tanpa sia-sia.. Kecuali kalau Alloh Swt. sudah melarangnya maka kita tidak boleh mengkonsumsinya.

Ketika Alloh menguji seseorang dengan penyakit, maka Alloh pasti menciptakan obatnya yang cocok untuk kita. Alloh Swt. Maha Pengasih dan Maha Penyayang pasti menciptakanya sehingga kita dapat sembuh dari penyakit yang kita derita. Ketika kita menengok tumbuhan yang ada disekitar kita, maka hal itu bisa jadi menjadi obat bagi penyakit yang kita derita. 

Nah.. saat saya melihat tumbuhan di sekitar rumah, saya menemukan tumbuhan putri malu yang tersebar bersama rumput-rumput liar. Saya berinisiatif untuk mengambil gambarnya dan ingin sharing dengan kalian tentang hal itu.

Dokumentasi Pribadi


Dokumentasi Pirbadi

Putri malu (Mimosa pudica L.) adalah tumbuhan liar. Ciri khas tumbuhan ini adalah daunnya mengatup jika disentuh serta memiliki duri di batangnya. Baik secara medis maupun empiris, putri malu bisa mencegah dan mengobati beberapa penyakit.


Kandungan:

- Tanin
- Mimosin
- Asam Pipekolinat
Tanin biasa terdapat pada tanaman yang memiliki ciri khas rasa yang agak sepat, tanin biasa terdapat pada daun, serta buah dari tanaman, senyawa kimia tanin dapat dimanfaatkan sebagian besar orang untuk sebagai anti mikroba terutama dalam pengobatan diare,.. Tahukah anda Diare disebabkan oleh bakteri E.coli yang berlebihan dalam pencernaan manusia sehingga menyebabkan kelebihan air, disini tanin bekerja dengan menyerap cairan tersebut sehingga sedikit demi sedikit menggumpal, tanin mengabsorbsi secara reversibel sampai menghantikan diare ,karena sifat dari senyawa tanin yang dapat sebagai antimikroba yang tumbuh dan berkembang dalam tubuh manusia... Tanin banyak terkandung pada tanaman jambu biji ,pada bagian daun serta buah yang masih mudah, karena fungsi dari tanin sendiri pada tumbuhan yaitu sebagai perlindungan diri dari gangguan hewan atau serangga yang ingin merusak buah tersebut,.. dan apabila buah suda matang maka kandungan kimia tanin tidak ditemukan lagi dalam buah jambu tersebut...
Mimosin termasuk dalam golongan alkaloid yaitu zat kimia yang mengandung beberapa zat aktif seperti carbon, nitrogen, oksigen, sulfur, dan hidrogen. Zat ini memiliki efek antiproliferatif dan apoptosis, sebagaimana senyawa kimia yang terdapat dalam kemoterapi. 
Berikut contoh pemakaian tanaman ini untuk pengobatan:
Insomnia (sudah tidur)
  • Untuk mengobati insomnia, sebanyak 30-60 gram daun putri malu direbus lalu airnya diminum.
  • Bisa juga dengan mencampur 15 gram daun putri malu dengan 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun calincing lalu direbus. Airnya kemudian diminum.
Chronic bronchitis
  • Untuk mengobati penyakit bronchitis, 60 gram akar putri malu dicampur 600 cc air, lalu direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum..
  • Mimosa pudica 30 gram, Akar peristrophe roxburghiana 10 gram, keduanya direbus, dibagi menjadi 2 dosis/hari.
Batuk dengan dahak banyak
Sedangkan bagi penderita batuk dengan dahak banyak, akar putri malu sebanyak 10-15 gram direbus lalu airnya diminum.

Ascariasis
Askariasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing gelang Ascaris lumbricoides. Askariasis adalah penyakit kedua terbesar yang disebabkan oleh makhluk parasit.
Mimosa pudica 15 – 30 gram direbus, lalu airnya diminum.

Rematik
15 gram akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan di tempat yang sakit.
Masih ada lagi manfaat putri malu , diantaranya berkhasiat untuk mengatasi penyakit malaria. Akar dan bijinya berkhasiat untuk merangsang muntah. Para ahli pengobatan Cina dan penelitian AS serta Indonesia mengindikasikan, tanaman ini bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit lain, seperti radang mata akut, kencing batu, panas tinggi pada anak-anak, dan herpes.
Hanya saja pemakaian akar putri malu dalam dosis yang tinggi bisa mengakibatkan keracunan dan muntah-muntah. Wanita hamil juga dilarang minum ramuan tersebut karena bisa membahayakan janin.
Sifat kimiawi dan efek farmakologis adalah Manis, astringen, agak dingin. Penenang (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitusive), penurun panas (antipiretic), anti radang (anti-inflammatory), peluruh air seni (diuretic). Kandungan kimia tanaman ini adalah Mimosine.

Sumber: Dari berbagai sumber di Internet.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be