Skip to main content

info sehat: Cara Memilih Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang baik untuk konsumsi sehari-hari


AMDK menjadi trend Penyajian air minum yang praktis
AMDK (air minum dalam kemasan) mungkin dalam beberapa dekade ini air minum dalam kemasan menjadi trend bagi setiap orang yang menginginkan sesuatu yang praktis dalam menyajikan air minum yang siap dikonsumsi. Momen yang biasa digunakan adalah saat rapat, atau pada pertemuan, dan di rumah-rumah untuk menyambut para tamu.

Pada saat selesai hari idul fitri pada tahun 1433 H, beberapa gelas air minum dalam kemasan tampak tersaji di meja tamu keluarga yang saya kunjungi. Terbersit dalam fikiran saya untuk mengetahui,, manakah dari beberapa brand air minum dalam kemasan yang terbaik diantara AMDK yang beredar dipasaran.???

Loh... air kok ada kadaluarsanya??
Kenapa air minum dalam kemasan itu mempunyai masa kadaluarsa...?? Begini jawabanya.. karena itu merupakan suatu langkah yang digunakan oleh perusahaan air minum untuk berjaga-jaga atas rusaknya wadah yang terbuat dari plastik sekali pakai. Sebenarnya air di dalamnya itu tidak kadaluarsa.. melainkan yang ditakutkan adalah ketika kemasanya itu kadaluarsa dan akan mencampuri air minum di dalamnya yang sebenarnya sudah bersih... Begitulah jawaban jika anda mungkin bertanya tentang kadaluarsa dari air minum dalam kemasan.

Kenapa?? ingin memilih amdk yang terbaik??
Kenapa sempat terbersit dalam fikiran saya untuk mendapatkan jawaban dari AMDK yang terbaik diantara beberapa merek AMDK yang ada dipasaran. Sekarang banyak yang menggunakan brand dari AMDK setelah perusahaan AMDK yang lain menuai sukses dari kinerja yang mereka lakukan dan dari produksi AMDK yang mereka pasarkan. Untuk merauk ceruk pasar yang ada... perusahaan air minum banyak memproduksi dengan berbagai cara.. yaitu dengan tampilan wadah yang lebih menggoda.. dengan tulisan yang terkesan islami serta dari warna yang menarik dan kesan untuk mencitrakan air di dalamnya cukup segar untuk diminum.

Nah.. sebenarnya kalau kita lebih teliti dalam memahami suatu persaingan yang sehat.. ingat... jika persaingan itu sehat.. maka akan timbul dipasar produk-produk yang bagus dan baik untuk dikonsumsi. Persaingan yang sehat tidak menimbulkan kecurangan dari para pelaku usaha penyedia AMDK ini. Sedangkan persaingan yang tidak sehat.. itu malah merusak produknya.. mereka hanya membutuhkan suatu produk yang banyak terjual dipasaran saja.. tanpa memperhatikan hubungan yang di jalin diantara konsumenya. Inilah beda antara perusahaan yang tidak mengenal marketing secara benar.. karena pemasaran bukanlah sekedar penjualan.. karena di dalam pemasaran itu akan terjalin hubungan yang baik dengan konsumen dan bersaing secara sehat terhadap produk yang dimiliki.

Cara memilih AMDK yang baik.
Ini adalah beberapa tips bagi anda jika anda ingin memilih air minum dalam kemasan.. Standar yang digunakan adalah keadaan air saat air itu disimpan ke dalam freezer. Di dalam kehidupan sehari-hari... tentu anda sudah pernah tahu bagaimana kondisi es dari air yang biasa belum tercampur apa-apa.. Ketika anda mendapatkan bongkahan es yang mungkin anda beli dari pasar, atau yang anda buat dari air sumur yang dimasukkan ke dalam freezer, anda akan mendapatkan kesamaan dari sifat es-nya. Nah.. Ketika saya penasaran dengan AMDK dengan merek tertentu yang saya masukkan ke dalam freezer.. saya mendapatkan keanehan. Karena bentuk dari air es yang saya dapatkan adalah kondisi es batunya seperti kapas.. gembus-gembus.. Aneh.. tidak seperti air yang sewajarnya jika dimasukkan ke dalam freezer.

Setelah penasaran dengan bentuk air es itu.. tibalah saatnya saya memasukkan AMDK yang lain ternyata ada yang tidak  gembus-gembus seperti kapas. Nah pada AMDK yang saya masukkan ke dalam freezer ada yang bagus hasil es batunya.. padahal pada keadaan tertutup.. wadah gelasanya. Awalnya saya menduga bahwa hal itu efek dari gelas air yang kedap udara... eh ternyata prasangka saya salah.. karena pada percobaan yang lain hasil es batu dari Air AMDK tidak seperti kapas.



Inilah yang menimbulkan prasangka.. lantas.. apa yang bisa disimpulkan dari hal ini?? Kita mesti tahu.. bahwa air sumur atau air yang alami yang kita dapatkan jika dibuat es di dalam freezer.. bentuknya bagus.. tidak seperti kapas strukturnya. Hal itu juga kita temui jika kita membeli bongkahan es di warung-warung atau toko-toko.. Engkau tentu tidak akan mendapatkan struktut aneh yang ada pada AMDK yang saya coba. Bentuknya kurang lebih seperti ini hasil es batu dari AMDK yang saya coba. 

Es Batu dari AMDK yang kurang baik dikonsumsi


Es Batu dari AMDK yang kurang baik dikonsumsi


Es Batu dari AMDK yang kurang baik


Kenapa Es Batu ini yang berasal dari AMDK tertentu kok strukturnya aneh... gembus-gembus seperti kapas basah..yang agak padat. Inilah yang saya takutkan dari adanya kandungan zat tambahan tertentu yang mungkin bisa berbahaya karena bisa mengubah struktur es batu dari airnya. Jelas.. jika ada kandungan zat tambahan.. hal ini mengindikasikan bahwa air tersebut tidak lah alami.. Inilah cara saya untuk mengetahui bagaimana memilih AMDK yang baik. yaitu dengan cara menghindari konsumsi AMDK yang:
  • kadaluarsa
  • rusak pada kemasanyan
  • bau aneh pada airnya
  • jika ditaruh di dalam freezer hasil es batunya seperti struktur kapas basah
Coba sekarang AMDK yang anda punya.. apa punya sifat gembus gembus apabila sudah menjadi es batu???

Yang saya tampilkan di bawah ini adalah bukti adanya es batu yang dihasilkan dari air AMDK yang lainya..mampu menampilkan tampilan es yang wajar.. keras... tidak gembus... Hal ini membuktikan kalau AMDK yang bentuk es batunya seperti pada umumnya air yang dijadikan es batu di freezer maka hal itu yang lebih terpercaya untuk dikonsumsi.

Es Batu dari AMDK yang baik

Es Batu dari AMDK yang baik

Es Batu dari AMDK yang baik

Es Batu dari AMDK yang baik

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be