Skip to main content

Info Sehat: Mandi Air Dingin Pagi Hari



Mandi Air Dingin di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Tujuan Penulisan,
Artikel ini ditulis bertujuan untuk memberikan kepada anda tentang info kesehatan, bahwa mandi di pagi hari itu sebaiknya menggunakan air dingin, bukan malah dengan air hangat yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Air dingin yang dimaksud adalah air yang sewajarnya saja, melewati malam tanpa ada sentuhan api., bukan air yang sengaja di dinginkan di kulkas.

Air dingin ini akan membantu tubuh anda untuk merangsang antibodi anda bekerja. Dengan Stimulus dingin yang merasuk ke dalam tubuh, tubuh anda akan sontak kaget dan akhirnya suhu tubuh pun menghangat. Beda dengan kita mandi dengan air hangat, maka yang terjadi setelahnya adalah kita itu malah kedinginan.

Stimulus terbaik saat pagi hari adalah air dingin. Air dingin ini menjadi pemicu kerja sarah-saraf yang ada pada tubuh kita, dan memberikan efek stimulus pada antibodi pada tubuh kita.



Uraian tentang Cara Hidup Sehat dengan mandi air dingin di Pagi Hari
Rasululloh sallallahu wa alaihi`wa sallam bersabda yang artinya “Mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR Muslim). 

Ya, hanya dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan berbagai aktivitas di dunia ini dengan sempurna. Nah, untuk kali ini insyaalloh saya akan menampilkan manfaat mandi subuh menurut penelitian dari kedokteran.


Menurut riwayat, Rasululloh sallallahu wa alaihi`wa sallam tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga Kesehatannya dan beliau selalu melakukan aktivitas yang sempurna dalam hidupnya untuk beribadah kepada Alloh serta selalu menjaga makanan sehari-harinya”Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih- lebihan . Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al A’raf ayat 31), dan sering MANDI SEBELUM TERBIT FAJAR. Tidaklah heran ketika hati menjadi tenang dengan beribadah kepada Alloh penyakit itu akan sirna.. karena manisnya iman kepada Alloh menghilangkan pahitnya sakit yang dirasa oleh kebanyakan orang.


Di dalam buku Sinar Ramadhan disebutkan dalam materi sunnah mandi sebelum terbit fajar bahwa Rosululloh itu sering mandi saat memasuki waktu subuh yaitu pada hadits dibawah ini.

Aisyah dan Ummu Salamah menyatakan bahwasanya Nabi Muhammad sering memasuki waktu subuh dalam keadaan beliau berjunub karena jima', bukan karena mimpi, kemudian beliau mandi  (Hr. Bukhori dan Muslim) 



Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun Subuh ( fajar ) dan mandi pada waktu fajar, diantaranya adalah gas O3. Pada waktu fajar kandungan gas O3 sangat melimpah kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari. Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada tara .



Mandi Air Dingin di Pagi Hari Solusi untuk hidup Sehat


Biasa Mandi air di Pagi Hari merupakan kebiasaan yang sehat.
Sementara itu dari beberapa penelitian didapati kesimpulan bahwa sebaiknya seseorang membiasakan mandi Subuh dengan air dingin, karena mandi pada waktu subuh dengan air dingin memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

Melancarkan Peredaran Darah
Mandi subuh ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karenatubuh dicambuk oleh temperature rendah. 

Membuat kulit menjadi halus dan cantik
dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal / lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit tampak lebih fresh.

Mampu menurunkan resiko darah tinggi dan melancarkan peredaran darah
Menurut Frederic Premji serang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah keseluruh organ–organ tubuh.

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari

Mampu meningkatkan sel darah putih
Mandi dengan air dingin pada waktu subuh akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berakibat meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh, dan tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar. Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Mampu meningkatkan kesuburan
Mandi dengan air dinginpun memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

Membuat rambut lebih sehat dan organ tubuh yang lain
Apasih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin ? ternyata air dingin dapat menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Air dingin pun mampu melindungi rambut dari kotoran – kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, dengan demikian rambut akan lebih sehat dan kuat. Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.

Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

Meredakan Depresi
Mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa, menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari – hari.

Anda Mungkin pernah merasakan merinding atau badan mengigil ketika mandi pada pagi hari, nah.. sebenarnya itu merupakan stimulus yang bagus pada saraf-saraf di seluruh tubuh anda. Tanda menggigil tersebut membangkitkan kinerja saraf pada tubuh untuk siap melakukan aktivitas seharian. Diharapkan dengan mandi pagi hari saraf dapat menjadi sehat dan bisa berfungsi dengan normal karena aliran arus listrik tubuh yang ada pada saraf dapat digunakan seperti manfaat memijat saraf-saraf.


Melancarkan peredaran darah. 
Menurut riset trombosit di Inggris, jika seseorang rutin mandi fajar dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh akan terasa lebih segar bugar.

  • Meningkatkan sel darah putih. Bila jumlah sel darah putih meningkat normal maka daya tahan dan kemampuan tubuh melawan virus pun meningkat. Tubuh menjadi lebih fit, prima, tidak mudah sakit.
  • Menurunkan resiko darah tinggi, mencegah varises, dan melancarkan sirkulasi darah ke organ tubuh.
  • Meningkatkan kesuburan.
  • Memperbaiki kesehatan jaringan, kulit, rambut dan kuku. Sangat baik untuk kecantikan, kulit jadi lebih kenyal, cantik sehat awet muda. Rambut jadi lebih kuat, tak mudah rontok.
  • Meredakan depresi, sangat dianjurkan untuk relaksasi, menjadikan pikiran dan jiwa lebih tenang nyaman, mengembalikan dan menambah semangat beraktifitas.
  • Menurunkan demam. “Sesungguhnya demam itu atau demam yang berat itu berasal dari uap api jahannam. Maka dinginkanlah dengan air.” [HR Bukhari Muslim]



Manfaat mandi air dingin di pagi hari bagi tubuh kita.
Mandi subuh ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karenatubuh dicambuk oleh temperature rendah.


dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit. Sehingga kulit tampak lebih fresh.



Kebiasaan mandi di saat fajar memiliki pengaruh besar pula bagi kesehatan jaringan tubuh manusia. Jaringan kulit akan semakin baik, kulit tidak kering namun  kulit akan menjadi lebih kenyal. Mandi saat fajar juga berpengaruh pada kejiwaan, kebiasaan mandi seperti ini memiliki efek relaksasi pada tubuh. Tubuh akan menjadi lebih rileks dan pikiranpun menjadi tenang. Menurut para terapis, mandi lebih baik dilakukan dengan menggunakan shower daripada dengan gayung. Saat mandi dengan  shower, air yang keluar dari pancuran akan memijat kulit dan tubuh. Hal itu akan menimbulkan efek pijatan yang membuat otot tegang menjadi lemas.

Jadi, jangan-ragu-ragu lagi untuk mandi pada waktu sepertiga malam, selain itu akan mendorong  kita   untuk mengerjakan Shalat malam, insyaAlloh.Sumber: Tabloid Bekam menyebutkan bahwa Dari Imam Ahmad Asy-Syaraji ;

Dalam menjaga kesehatan, Rasulullah S.A.W
mengamalkan mandi fajar yaitu mandi sekitar pukul 4 pagi .(sebelum subuh )

Kelebihan mandi fajar, di antaranya:

  1. Tidak terkena penyakit asma
  2. Terhindar dari angkara jahat seperti sihir, baik dari jin atau manusia
  3. Tubuh badan menjadi sehat
  4. Wajah bercahaya
  5. Doanya mudah dimakbulkan Alloh
  6. Wajah menjadi awet muda

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be