Skip to main content

Info Gempa Banyuwangi: Banyuwangi diguncang Gempa 04 September 2012 pukul 01.26 terasa sampai Tulungagung


Gempa di Banyuwangi dirasakan sampai Tulungagung.. dengan jarak 417 km lebih (jarak Tulungagung dengan pusat gempa).. getaranya itu masih dapat dirasakan...


Gempa dirasakan barusan oleh warga Tulungagung yang mungkin bisa merasakanya...kru ibnuhaya yang ada di Tulungagung merasakan adanya goncangan gempa yang cukup untuk menggetarkan kaca-kaca almari di rumah, atau mengetarkan gelas yang ada di meja... walau dengan goncangan kecil. Nah.. saat menulis berita ini kru ibnuhaya segera browsing dan mencari informasi tentang adanya gempa yang barusan dirasakan oleh warga Tulungagung dan sekitarnya. Dan akhirnya saya dapatkan bahwa gempa terjadi di wilayah Jawa Timur yang paling timur yaitu di Banyuwangi.



Gambar yang saya dapatkan dari Situs bmkg.go.id. Titik merah merupakan pusat gempa..


Jarak Tulungagung dan Pusat Gempa kurang lebih 417 km




Menurut berita yang saya dapatkan dari Detik News... Gempa berpusat di daerah Banyuwangi Jawa Timur...berkekuatan 6.5 SR. Salut kepada detik news.. di antara berita yang lain...detik news tercepat dalam menyampaikan berita.. tidak sampai 10 menit dari kejadian.. berita sudah dapat dibaca...



Perhatikan garis yang anda lihat yang merupakan hasil pertemuan lempeng asia dan lempeng Australia. Tampak bahwa Lempeng Asia berada di atas lempeng Australia.
Gempa yang terjadi di Banyuwangi juga dirasakan di Tulungagung Jawa Timur.. dan tentunya.. di daerah sekitarnya. Gempa ini diperkirakan tidak berpotensi  tsunami... misalkan ada sedikit goncangan dari air laut.. mungkin hal itu dapat dirasakan sedikit sekali... karena Gempa yang terjadi 6.5 SR yang tidak dapat menghasilkan tsunami....

Nampaknya aktivitas Lempeng di daerah Banyuwangi cukup aktif.. sehingga dalam catatanya pernah terjadi tsunami di Banyuwangi pada 03 Juni 1994 Korban 208 orang, selain itu juga ketika ada gempa pada tahun 2011 yang daerahnya berdekatan dengan banyuwangi dengan kekuatan 68 SR. Nah.. memang perlu perhatian khusus bagi warga untuk menjadi warga yang sadar gempa.. tidak hanya di Banyuwangi saja.. tetapi di Wilayang Indonesia secara keseluruhan... kenapa demikian.. karena lokasi geografisnya berdekatan dengan pertemuan lempeng asia dan australia..mulai dari Aceh.. sampai sepanjang pulau jawa serta sampai barat pulau papua. Inilah kenampakan dari satelit bagaimana kondisi lempeng yang menjadikan wilayah indonesia aktif merasakan aktivitas tektonik.

 

BMKG Banyuwangi, mengungkapkan seluruh wilayah Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa berpotensi terjadi gempa. Bahkan gempa tersebut disertai dengan Tsunami.


Secara kajian, letak geografis Banyuwangi berdekatan dengan lintasan jalur gempa, di Samudera Hindia yang persis berada di selatan Banyuwangi. Banyuwangi memiliki garis pantai  paling panjang di Jawa Timur.

Sebab itu juga, Banyuwangi memiliki potensi diguncang gempa besar disertai Tsunami. Selain itu, pusat gempa yang dangkal juga menjadi faktor pemicu terjadinya Tsunami.




Gempa adalah sentakan asli pada kulit bumi sebagai gejala penggiringan dari aktifitas tektonisme (pergeseran lempeng) maupun vulkanisme (aktivitas gunung berapi) dan kadang-kadang runtuhan bagian bumi secara lokal misal Tanah Longsor.

Nah.. karena yang terjadi di Banyuwangi itu dirasakan sampai Tulungagung, maka hal ini dapat ditarik kesimpulan gempa tersebut adalah gempa tektonis...karena dapat menghasilkan jangkauan gempa yang jauh..dan itu merupakan salah satu tipe dari jenis gempa tektonis. Bahkan kalau ditilik dari Tulungagung masih bisa dirasakan... maka sekitar radius 417km gempa masih bisa dirasakan... Sedangkan jarak Pusat Gempa dengan Pusat Kota Banyuwangi adalah sekitar 300km. Jadi dengan perbedaan jarak lebih dari 100 meter tersebut anda bisa bayangkan bagaimana kondisi Banyuwangi pada saat itu..sedangkan di Tulungagung hanya sekedar menggetarkan kaca rumah.

Yang dapat dirasakan pada saat gempa bumi terjadi adalah getaran bumi tempat kita berada pada saat itu. Gempa tersebut terjadi akibat perpindahan energi yang dihasilkan oleh benturan maupun aktivitas bumi sehingga energi tersebut merambat melalui medianya yaitu daratan maupun lautan. Betapa besar energi yang dihasilkan..sampai-sampai di jarak yang jauh juga ikut bergoyang...Rambatan Energi yang dihasilkan.. misal kekuatanya dalam menggetarkan kaca.. atau merobohkan bangunan... hal itu di jumlah.. maka kita akan mengetahui kurang lebihnya energi yang dihasilkan dari Gempa Bumi.. jangan lupa termasuk energi yang menjadi riak air laut.

Gempa merupakan salah satu tanda kekuasaan Alloh Swt. Energi yang begitu besar tidak lah begitu saja terjadi melainkan semuanya atas kekuasaan Alloh Swt...Sungguh, kita ini adalah makhluk yang kecil dan lemah...kita berasal dari setetes air mani.. maka bagaimanakah kita bisa dipalingkan dari petunjuk Alloh?? padahal Alloh lah yang menguasai Langit dan Bumi..  Semoga ini bisa menjadi bahan renungan buat kita....betapa Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu.. dan manusia.. tidak akan mampu untuk menahan musibah gempa yang terjadi.. karena sekali lagi kita itu adalah makhluk yang lemah.. dan Alloh Swt. Maha Perkasa lagi maha Kuasa..
Tidak ingatkah kita tentang berita gempa yang ada di Al Qur an??
Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka. (Qs. Al A'rah: 78)

Kemudian mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di dalam rumah-rumah mereka, (Qs. Al A'raf: 91)

Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohonkan tobat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: "Ya Rabbi, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya".(Qs.A;raf: 155)

Maka mereka mendustakan Syu'aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka.(Qs. Al Ankabut: 37)

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be