Skip to main content

Info Tulungagung: Koreksi Arah Kiblat Masjid Al Munawar Tulungagung

Masjid Al Munawar Tulungagung

Masjid Al Munawar merupakan masjid yang megah berdiri di barat Alun-alun Tulungagung (Taman Kusuma Wicitra). Masjid Al Munawar  mengalami perubahan  arsitekturnya pada tahun 2003an yang memiliki misteri dan menuai kontroversi dengan adanya logo bintang david ini, ternyata perlu dikoreksi terhadap arah kiblatnya. Kenapa demikian? ketika anda mengecek alat yang digunakan untuk mengecek kenampakan permukaan bumi seperti wikimapia, atau google map tentu anda akan mengetahui bagaimana sudut persimpanganya.. antara kelurusan bangunan masjid Al Munawar Tulungagung dengan Ka'bah yang ada di Masjidilharam.


Langkah-langkah Riset Arah Kiblat Masjid Al Munawar Tulungagung

  • Cari Posisi Ka'bah pada wikimapia atau google map...tetapi yang saya gunakan adalah wikimapia. Pada pencarian tersebut anda dapat melakukan ketelitian posisi ka'bah yang berada di Mekkah dengan kenampakan permukaan bumi bisa sampai pada ketinggian sekitar 20m. Bagaimana kenampakan Ka'bah pada saat mencari lokasinya??? kenampakanya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Kenampakan Masjidilharam pada ketinggian sekitar 200m

  • Tarik Garis dari tepat dari ka'bah ke Masjid Al Munawar Tulungagung. Setelah anda dapat mengetahui lokasi ka'bah pada peta, maka dengan menggunakan  alat pengukur jarak pada peta dengan ikon sebuah penggaris. Nah.. garis lurus antara ka'bah dan masjid bisa menjadi panduan bagaimana kondisi serong bangunan masjid dengan ka'bah.


Masjid Al Munawar dari ketinggian sekitar 20 m

  • Sesuaikan antara garis lurus bangunan dengan garis lurus terhadap ka'bah. Inilah yang bisa kita simpulkan bagaimana kondisi bangunan terhadap arah ke ka'bah?? Jika kalian mengetahui hal itu, maka kalian dapat memperkirakan bagaimana kemiringannya..
Ditarik kelurusan antara bangunan dan sudut deviasi ke arah ka'bah


Kenampakan Bangunan Masjid Al Munawar pada ketinggian 20m
  • Petakan hasil dari gambar yang sudah diluruskan dengan sebuah petak gridline pada corel draw. Setelah anda petakan.. kedalam petak-petak pada corel.. anda dapat mengambil kesimpulan dari kemiringanya sudut penyimpanganya (sudut deviasinya)

Gambar pemetaan peta pada corel draw
  • Ambil kesimpulan sudut deviasinya dengan mendelete gambar pada corel setelah pemetaan cukup mewakili garis penyimpangan antara lurus bangunan dengan arah ke ka'bah. Dengan mengambil kesimpulan tersebut.. maka kita semakin mudah untuk menentukan sudut deviasinya antara lurus bangunan dengan arah ke ka'bah.



Kesimpulan terhadap sudut penyimpangan antara lurus bangunan masjid al munawar dengan arah ke ka'bah

  • Tentukan sudut penyimpanganya dengan menggunakan corel draw. Caranya adalah putar lingkaran yang jari-jarinya sama semua (tidak mleto) dengan menggunakan perangkat corel draw (Angle of rotarion) seperti yang dicontohkan pada gambar di bawah ini. Karena sudut deviasinya berada pada arah jarum jam dari lurus bangunan.. maka gunakan tanda minus (-) sebelum memberikan angka sudutnya sampai pas pada arah lurus dengan garis ke arah ka'bah.
Koreksi Arah Kiblat Masjid Al Munawar

Koreksi Arah Kiblat Masjid Al Munawar


Dengan teknik trial and error, anda akhirnya dapat menentukan berapa besar penyimpanganya. Pada riset yang saya lakukan.. maka besar kemiringanya adalah 28,13 derajat ke arah utara.


Masjid Al Munawar Tulungagung


Kesimpulan:
Arah ka'bah berada di 28,13 derajat dari lurus bangunan. Jika kalian sholat menghadap lurus dengan bangunan..maka anda akan menyimpang jauh dari arah ke ka'bah.. sekitar 2000 km. Sebagai panduan saja.. menyimpang 12,4 derajat saja bisa menyimpang 1866,6 km.

Sebagai pembanding, arah kelurusan bangunan masjid yang hampir lurus sempurna dengan arah ke ka'bah adalah masjid Istiqlal di Jakarta. Di bawah ini saya tampilkan gambar kelurusan bangunan dengan arah ke ka'bah.

Masjid Istiqlal

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Informasi Kereta Api: Kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi ber-Ac berangkat dari Tulungagung ke Malang pukul 1.30 (Baru...)

Ilustrasi Kereta Aneh Malam yang aneh ini (21 September 2012) Kereta Api apa ini??   Klasifikasi Kereta sekitar 9 rangkaian gerbong (yang saya ingat, dari yang saya lihat malam ini pukul setengah dua): 1 Gerbong Lokomotif, 3 Gerbong Kelas Eksekutif Berkorden Merah Muda (pink), 1 Gerbong Kereta Makan 3 Gerbong Kelas Ekonomi ber-AC,  1 Gerbong Kereta Barang Kereta kok melintasi Tulungagung pada malam hari?? Ketika saya masih terjaga pada malam hari sekitar pukul setengah dua malam, nampaklah aneh pada saat itu.. Terlihat Kereta Api melintas menuju Stasiun Tulungagung sekitar pukul setengah dua. Nampaknya kereta api itu akan menuju ke stasiun Blitar, dan terakhir Stasiun Malang. Kereta Apakah itu??   Saat itu saya bergegas melihat KA. yang aneh itu... Sempat terlintas di benak saya, bahwa KA. itu adalah kereta api Gajayana.. Eh.. kok aneh pada rangkaianya... ada Gerbong Eksekutif sejumlah 3 Gerbong dengan korden warna merah muda (pink), Gerbong...