Skip to main content

Informasi Kereta Api: Pembagian Jenis Kereta Api dan Ketentuan Penumpang Kereta Api

Ketentuan Penumpang Kereta Api
Anda perlu memperhatikan ini, karena jika tidak.. ketika anda menemui kondisi yang tidak terduga.. anda dapat mengantisipasinya sejak dini. Apakah kondisi yang tidak terduga itu..??
misal:
  • Ketika anda membawa barang berat, 
  • Ketika anda tidak bisa melakukan perjalanan pada hari H dan mengganti pada hari yang lain, 
  • Pembatalan Karcis, 
  • Penumpang tidak berkarcis
Ketentuan ini perlu anda ketahui, sehingga anda dapat memanage risiko yang mungkin anda dapatkan ketika anda memasuki Kereta Api dan melakukan perjalanan bersamanya.

Pembagian Kereta Api
Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :
  • KA. Eksekutif merpakan kereta api yang mempunyai fasilitas lengkap, mulai dari ber-ac, kursi nyaman (di duduki dua orang, kaki bisa selonjor, tv, cepat,dll)
    Contoh: Gajayana, Gumarang, Bangunkarta, dls
  • KA Ekonomi merupakan salah satu segmen pelayanan produk inti PT. Kereta Api (Persero) di luar sejumlah KA Komersil (Kelas Eksekutif dan Kelas Bisnis).
    KA Kelas Ekonomi yang dioperasikan PT. Kereta Api selama ini masih di kelompokkan menjadi tiga segmen, yaitu KA Ekonomi Jarak Jauh, KA Ekonomi Lokal (antar kota dalam propinsi), dan KA Ekonomi Jabotabek.
    contoh:
    KA. Ekonomi Jarak Jauh (pada tabel di bawah ini)
Sumber: web PT KAI

          KA. Ekonomi Lokal: Rapih Dhoho, Penataran
  • KA. Bisnis merupakan kereta api yang memiliki fasilitas di bawah KA. Eksekutif yaitu kipas angin, pengamen dilarang masuk, penjual dilarang masuk (kecuali di stasiun, saat berhenti), Kursi bisa dibolak-balik arahnya. Contoh: Ka. Senja Singosari

  • KA. Campuran merupakan kereta api gabungan antara Kelas Eksekutif, Kelas Bisnis, Kelas Ekonomi dalam satu rangkaian kereta. contoh: KA. Malabar(Kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, Mutiara Timur (Kelas Ekonomi, Bisnis), Malioboro Ekspress (Kelas Eksekutif dan Ekonomi ber-ac)
  • KA. Lokal (antar kota (yang terdiri dari beberapa kota saja)
    Contoh: Surabaya Gubeng-Kertosono, Komuter, Kelud Ekspres




Ketentuan Tarif Kereta Api (tarif anak-anak sekarang tidak ada) pada KA. Ekonomi dan Lokal

Tarif Tiket Kereta Api Rapih Dhoho dan Penataran


Pembatalan Karcis dan Pengembalian bea untuk Seluruh KA.

Ketentuan Tiket Kereta Api Ekonomi Lokal


Merubah Jam/Tanggal
Merubah jam atau tanggal keberangkatan untuk karcis pesanan boleh dilakukan 1 kali selambat-lambatnya sehari sebelumnya (H-1) dengan bea administrasi Rp 2000

Barang Bawaan
Penumpang membawa barang bawan lebih dari 20 (dua puluh) kg atau barang ringan makan tempat (RMT), dikenakan bea sesuai aturan yang berlaku.

Penumpang tak berkarcis
Penumpang tidak berkarcis diturunkan.

Regulasi Baru tentang Peraturan Tiket Kereta Api Lokal tahun 2013, per April 2013

Keterangan Tiket Rapih Dhoho, Penataran per 1 April 2013


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...