Skip to main content

Informasi Kereta Api: Pembaruan Beton-beton Bantalan Rel Kereta Api di berbagai wilayah & Catatan Buruk Persiapan Penggantian Bantalan Rel KA. di Tulungagung

Beton yang kuat sebagai bantalan rel kereta api pun butuh untuk diperbarui. Hal ini untuk menanggulangi risiko keausan Beton yang sudah lama terpasang. Sekitar 17 tahun Beton yang lama itu sudah berada di bawah bantalan kereta api untuk tumpuan rel kereta yang menahan berat Kereta api, dan gesekan yang terjadi. Kalau anda kuliah di jurusan Teknik Material dan Metalurgi tentu anda akan tahu bahwa suatu bangunan itu memiliki umur yang efektif. Kenapa demikian.. karena terpaan angin, terpaan, hujan, panas dan dinginya malam,,maka hal itu akan merubah strutur dalam beton sehingga semakin lama semakin rapuh.. Tetapi kerapuhan itu tidak hanya setahun dua tahun terjadi.. bisa saja sampai ratusan tahun. 

Jadi 17 tahun yang dilakukan untuk mengganti beton yang sekarang ini ada adalah upaya yang baik, sebelum puluhan tahun lagi beton sudah tidak layak lagi untuk menahan berat berton-ton dari kereta yang melintas.


Beton Baru (Semptember: 2012)
Tetapi ada kesalahan dalam mempersiapkan penggantian beton ini. Kenapa demikian?? karena terdapat kesalahan dalam prosedurnya.. bahkan sampai mengorbankan bangunan pinggir batu-batu kecil sebagai penangkis batu agar tidak terjatuh turun. Iya.. karena berat beton tidak lagi dapat ditumpu oleh semen pelapisnya.. maka akhirnya disana-sini.. kerusakan bangunan yang baru dibangun PT KAI pada ramadhan 2012 ini.

Bangunan Penangkis Batu-batu kecil di samping kereta api
Beton itu diletakkan di bangunan penangkis Batu-batu kecil di samping kereta sehingga merusaknya.. Inilah termasuk salah satu contoh kesalahan prosedur kerja yang dilakukan oleh PT KAI.






Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...