Informasi Kereta Api: Pembaruan Beton-beton Bantalan Rel Kereta Api di berbagai wilayah & Catatan Buruk Persiapan Penggantian Bantalan Rel KA. di Tulungagung
Beton yang kuat sebagai bantalan rel kereta api pun butuh untuk diperbarui. Hal ini untuk menanggulangi risiko keausan Beton yang sudah lama terpasang. Sekitar 17 tahun Beton yang lama itu sudah berada di bawah bantalan kereta api untuk tumpuan rel kereta yang menahan berat Kereta api, dan gesekan yang terjadi. Kalau anda kuliah di jurusan Teknik Material dan Metalurgi tentu anda akan tahu bahwa suatu bangunan itu memiliki umur yang efektif. Kenapa demikian.. karena terpaan angin, terpaan, hujan, panas dan dinginya malam,,maka hal itu akan merubah strutur dalam beton sehingga semakin lama semakin rapuh.. Tetapi kerapuhan itu tidak hanya setahun dua tahun terjadi.. bisa saja sampai ratusan tahun.
Jadi 17 tahun yang dilakukan untuk mengganti beton yang sekarang ini ada adalah upaya yang baik, sebelum puluhan tahun lagi beton sudah tidak layak lagi untuk menahan berat berton-ton dari kereta yang melintas.
Beton Baru (Semptember: 2012) |
Tetapi ada kesalahan dalam mempersiapkan penggantian beton ini. Kenapa demikian?? karena terdapat kesalahan dalam prosedurnya.. bahkan sampai mengorbankan bangunan pinggir batu-batu kecil sebagai penangkis batu agar tidak terjatuh turun. Iya.. karena berat beton tidak lagi dapat ditumpu oleh semen pelapisnya.. maka akhirnya disana-sini.. kerusakan bangunan yang baru dibangun PT KAI pada ramadhan 2012 ini.
Bangunan Penangkis Batu-batu kecil di samping kereta api |
Beton itu diletakkan di bangunan penangkis Batu-batu kecil di samping kereta sehingga merusaknya.. Inilah termasuk salah satu contoh kesalahan prosedur kerja yang dilakukan oleh PT KAI.
Comments
Post a Comment