Skip to main content

Informasi Kereta Api: Spesifikasi Baru, Rel Kereta Api 2012 dan Penggantian Rel Kereta api dan Bantalan dengan Spesifikasi Baru 2012

Ketika saya terbangun pada malam hari (4 Oktober 2012) pada pukul setengah dua an..setelah KA. Malioboro Ekspress melintas, terdengar keanehan dari  kejauhan. Terdengarlah suara berisik yang terjadi akibat benturan besi dengan besi, dan suara mesin kereta api yang sedang berbunyi dan menderu-deru..di salah satu rel kereta api di Tulungagung.



Apakah kiranya yang terjadi..??

Ternyata yang terjadi adalah ada pekerja yang sedang menurunkan Rel-rel baru yang siap untuk menggantikan peran rel-rel yang telah lama menahan beban berat dari rangkaian kereta api yang melintas di atasnya.. Dengan alat pencongkel pekerja menurunkan rel ke pinggir rel kereta api yang terpasang saat ini.

Nah.. penggantian rel itu mendatangkan rasa penasaran bagi kru ibnuhaya untuk mengetahui apakah gerangan perbedaan dari rel yang sebelumnya.. Ternyata.. Spesifikasi baru 2012 ditemukan berbeda dengan yang sudah lama terpasang.. Kalau dilihat langsung saja kita mendapatkan bahwa spesifikasi rel baru tampak mempunyai bentuk yang lebih kokoh dan lebih besar. Rel Besar ini mempunyai seri baru 2012 dengan pengait yang baru daripada yang sebelumnya..

No. Seri Rel Kereta Api Cetakan tahun 2012: 2012 UIC54 350HB MOT


Pergantian Rel Kereta Api Indonesia tahun 2012

Spesifikasi Rel Kereta Api  tahun 2012

Pergantian Rel Kereta Api Indonesia
Setelah melakukan pengukuran terhadap perbedaan dengan spesifikasi rel yang lama adalah seperti berikut ini.. Terlihat dalam gambar bahwa rel itu mempunyai luas penampang yang berbeda dengan yang lama.. mungkinkah ini untuk proyek baru PT KAI dalam menyajikan Kereta yang lebih cepat..dengan memperbaiki rel yang baru sekarang..

Perbedaan Rel Tempo Dulu dan Rel Zaman Modern 2012
Bantalan Rel Kereta pun juga akan diganti, dengan yang baru... perbaikan secara estafet terus dilakukan setelah bulan ramadhan 1433 H. sampai sekarang berbagai macam perbaikan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik. Dengan Pengunci yang baru, maka rel ini akan akan segera menghiasi Seluruh Jalur KA. di Indonesia..

Foto dari Islamic Enginer : Pengunci tipe baru rel KA 2012
Perbaikan Rel Kereta Api Indonesia, Pergantian
Beton-beton Jalur Kereta 2012

Video Perbaikan pergantian Rel Kereta Api



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...