Skip to main content

Informasi Stasiun Malang Kota Baru: Koreksi Arah Kiblat Masjid di Stasiun Kota Baru

Ini adalah sebuah informasi yang saya kemukakan kepada anda tentang koreksi Arah Kiblat dari Masjid di Stasiun Malang Kota Baru. Mungkin di saat anda singgah di Stasiun Malang Kota Baru, anda sebagai musafir yang memerlukan waktu istirahat di stasiun Tulungagung sehingga melewati beberapa waktu sholat, atau anda menqoshor sholat. Atau anda sedang menunggu lebih dini keberangkatan kereta api Gajayana, Senja Singosari, Malabar, Matarmaja...dan akhirnya sampai suatu kondisi anda memasuki waktu sholat. Informasi ini semoga dapat memberikan gambaran kepada anda untuk dapat memutuskan ke arah mana anda menghadapkan wajah ketika sholat. 

Informasi ini saya beri judul tentang Koreksi Arah Kiblat Masjid di Stasiun Kota Baru, karena menurut citra satelit.. kelurusan bangunan masjid terhadap arahnya ke ka'bah masih perlu dikoreksi.

Tampak depan Stasiun Malang Kota Baru


sumber: semboyan35;  Masjid di Stasiun Malang Kota Baru

Lokasi Masjid di Stasiun Malang Kota Baru, adalah ketika anda masuk ke peron, anda belok kiri..sampai anda menemukan sebuah masjid. Nah..di situlah lokasi Masjid di Stasiun Malang ini. Kalau anda ingin mengetahui di mana lokasinya Klik DISINI

Masjid di Stasiun Malang dari ketinggian 20m

Ada Koreksi terhadap kelurusan bangunan Masjid di Stasiun Malang Kota Baru dengan kelurusannya dengan ka'bah yang ada di masjidil Haram. Mungkin di benak anda yang masih peduli dengan dimana arah ka'bah sebenarnya?? maka anda akan bertanya.. apakah sudah sesuai dengan arah ke ka'ah.. kemana masjid ini menghadap...?? Karena memang lokasinya yang jauh dari ka'bah.. cukuplah perkiraan yang kita yakini benar yang menjadi panduan kemana kita harus menghadap.

Saya menggunakan peta dunia wikimapia, mencoba mengetahui bagaimana kelurusan bangunan Mushola Stasiun Tulungagung dengan Ka'bah... Ternyata jarak Masjid Stasiun Malang Kota baru dengan Ka'bah adalah sekitar 8592,5 km. 

Langkah-langkah riset.
Temukan dimana lokasi ka'bah yang ada di masjidil haram, setelah itu tarik garis  lurus dari ka'bah (ditengah ka'bah) menggunakan bantuan pengukur jarak pada fasilitas wikimapia.

Masjidil haram dari ketinggian sekitar 200 m

Setelah anda kasih tanda pada tepat di tengah ka'bah... maka tarik.. garis lurus sampai pada bangunan Masjid di Stasiun Malang Kota Baru.

Masjid di Stasiun Malang Kota Baru dari ketinggian 20m
Kemudian kita bandingkan lurus bangunan masjid dengan kelurusan garis ke ka'bah..




Gantikan Uraian tentang kelurusan bangunan dengan kelurusannya terhadap ka'bah pada sebuah media gambar corel draw.


Setelah anda memiliki kesimpulan sementara tentang gambarnya, berikutnya adalah anda cari sudut deviasi (simpang) antara lurus bangunan dengan lurusnya ke ka'bah...



Kesimpulan:
  • Menurut riset di atas, maka kelurusan antara lurus bangunan masjid di Stasiun Malang Kota Baru dengan kelurusanya terhadap arah ke ka'bah adalah mempunyai sudut deviasi sekitar 13,2 derajat.
  • Jadi.. jika anda menghadap lurus ke seperti hadapan bangunan, anda akan mendapati kelurusan dengan arah kiblat jika anda serong ke kanan sekitar 13,2 derajat..atau kalau kalian serong ke arah utara sebesar 13,2 derajat. 
Semoga bermanfaat..
Wallohu a'lam...

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be