Skip to main content

Informasi Stasiun Malang Kota Baru: Koreksi Arah Kiblat Masjid di Stasiun Kota Baru

Ini adalah sebuah informasi yang saya kemukakan kepada anda tentang koreksi Arah Kiblat dari Masjid di Stasiun Malang Kota Baru. Mungkin di saat anda singgah di Stasiun Malang Kota Baru, anda sebagai musafir yang memerlukan waktu istirahat di stasiun Tulungagung sehingga melewati beberapa waktu sholat, atau anda menqoshor sholat. Atau anda sedang menunggu lebih dini keberangkatan kereta api Gajayana, Senja Singosari, Malabar, Matarmaja...dan akhirnya sampai suatu kondisi anda memasuki waktu sholat. Informasi ini semoga dapat memberikan gambaran kepada anda untuk dapat memutuskan ke arah mana anda menghadapkan wajah ketika sholat. 

Informasi ini saya beri judul tentang Koreksi Arah Kiblat Masjid di Stasiun Kota Baru, karena menurut citra satelit.. kelurusan bangunan masjid terhadap arahnya ke ka'bah masih perlu dikoreksi.

Tampak depan Stasiun Malang Kota Baru


sumber: semboyan35;  Masjid di Stasiun Malang Kota Baru

Lokasi Masjid di Stasiun Malang Kota Baru, adalah ketika anda masuk ke peron, anda belok kiri..sampai anda menemukan sebuah masjid. Nah..di situlah lokasi Masjid di Stasiun Malang ini. Kalau anda ingin mengetahui di mana lokasinya Klik DISINI

Masjid di Stasiun Malang dari ketinggian 20m

Ada Koreksi terhadap kelurusan bangunan Masjid di Stasiun Malang Kota Baru dengan kelurusannya dengan ka'bah yang ada di masjidil Haram. Mungkin di benak anda yang masih peduli dengan dimana arah ka'bah sebenarnya?? maka anda akan bertanya.. apakah sudah sesuai dengan arah ke ka'ah.. kemana masjid ini menghadap...?? Karena memang lokasinya yang jauh dari ka'bah.. cukuplah perkiraan yang kita yakini benar yang menjadi panduan kemana kita harus menghadap.

Saya menggunakan peta dunia wikimapia, mencoba mengetahui bagaimana kelurusan bangunan Mushola Stasiun Tulungagung dengan Ka'bah... Ternyata jarak Masjid Stasiun Malang Kota baru dengan Ka'bah adalah sekitar 8592,5 km. 

Langkah-langkah riset.
Temukan dimana lokasi ka'bah yang ada di masjidil haram, setelah itu tarik garis  lurus dari ka'bah (ditengah ka'bah) menggunakan bantuan pengukur jarak pada fasilitas wikimapia.

Masjidil haram dari ketinggian sekitar 200 m

Setelah anda kasih tanda pada tepat di tengah ka'bah... maka tarik.. garis lurus sampai pada bangunan Masjid di Stasiun Malang Kota Baru.

Masjid di Stasiun Malang Kota Baru dari ketinggian 20m
Kemudian kita bandingkan lurus bangunan masjid dengan kelurusan garis ke ka'bah..




Gantikan Uraian tentang kelurusan bangunan dengan kelurusannya terhadap ka'bah pada sebuah media gambar corel draw.


Setelah anda memiliki kesimpulan sementara tentang gambarnya, berikutnya adalah anda cari sudut deviasi (simpang) antara lurus bangunan dengan lurusnya ke ka'bah...



Kesimpulan:
  • Menurut riset di atas, maka kelurusan antara lurus bangunan masjid di Stasiun Malang Kota Baru dengan kelurusanya terhadap arah ke ka'bah adalah mempunyai sudut deviasi sekitar 13,2 derajat.
  • Jadi.. jika anda menghadap lurus ke seperti hadapan bangunan, anda akan mendapati kelurusan dengan arah kiblat jika anda serong ke kanan sekitar 13,2 derajat..atau kalau kalian serong ke arah utara sebesar 13,2 derajat. 
Semoga bermanfaat..
Wallohu a'lam...

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Informasi Kereta Api: Kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi ber-Ac berangkat dari Tulungagung ke Malang pukul 1.30 (Baru...)

Ilustrasi Kereta Aneh Malam yang aneh ini (21 September 2012) Kereta Api apa ini??   Klasifikasi Kereta sekitar 9 rangkaian gerbong (yang saya ingat, dari yang saya lihat malam ini pukul setengah dua): 1 Gerbong Lokomotif, 3 Gerbong Kelas Eksekutif Berkorden Merah Muda (pink), 1 Gerbong Kereta Makan 3 Gerbong Kelas Ekonomi ber-AC,  1 Gerbong Kereta Barang Kereta kok melintasi Tulungagung pada malam hari?? Ketika saya masih terjaga pada malam hari sekitar pukul setengah dua malam, nampaklah aneh pada saat itu.. Terlihat Kereta Api melintas menuju Stasiun Tulungagung sekitar pukul setengah dua. Nampaknya kereta api itu akan menuju ke stasiun Blitar, dan terakhir Stasiun Malang. Kereta Apakah itu??   Saat itu saya bergegas melihat KA. yang aneh itu... Sempat terlintas di benak saya, bahwa KA. itu adalah kereta api Gajayana.. Eh.. kok aneh pada rangkaianya... ada Gerbong Eksekutif sejumlah 3 Gerbong dengan korden warna merah muda (pink), Gerbong...