Materi Kuliah: Mengenal Seluk Beluk Billboard sebagai salah satu contoh Advertising (Pengiklanan) yang termasuk pada salah satu Model Komunikasi Pemasaran
Billboard??
Apa itu Billboard??
Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya sajikan kepada anda dahulu uraian tentang Komunikasi Pemasaran.Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang perusahaan mencoba untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen, secara langsung atau tidak langsung, tentang produk dan merek yang mereka jual.
Komunikasi Pemasaran memungkinkan perusahaan
menghubungkan merek-merek mereka dengan orang lain, tempat, acara khusus dan
pengalaman merek, perasaan dan barang. Komunikasi pemasaran dapat berkontribusi
pada ekuitas merek dengan membangun merek dalam ingatan dan menciptakan citra
merek.
Model Komunikasi Pemasaran
Bauran
Komunikasi Pemasaran terdiri atas enam cara komunikasi utama
- Advertising
- Sales Promotion
- Events and Experiences
- Public Relations and Publicity
- Direct marketing
- Interactive marketing
- Word-of-mouth marketing
- Personal selling
Untuk mempermudah pola pikir anda tentang dimana lokasi Billboard pada Komunikasi Pemasaran?? saya membuatkan bagan untuk anda untuk dapat memahami Billboard dalam struktur Komunikasi Pemasaran.
Mengenal Posisi Billboards pada Komunikasi Pemasaran |
Billboard (di Inggris dan bagian lain dari dunia kadang disebut hoarding) adalah struktur iklan besar di luar ruangan (papan penagihan), biasanya ditemukan di daerah lalu lintas yang padat seperti di samping jalan yang sibuk, atau bahkan kalau di Indonesia sering kita jumpai berada melintang di jalan raya.
Contoh Billboard Full HD foto; Sebelah Selatan Jembatan Ngujang |
Contoh Billboards di Perempatan Tamanan Tulungagung |
Billboard (terkadang di Inggris dan di beberapa daerah lain disebut hoarding) adalah (struktur iklan outdoor yang besar) large outdoor advertising structure. Billboard adalah singkatan dari billing board. Biasanya kita dapat menemukanya di area lalulintas yang padat seperti jalan propinsi yang dilalui oleh banyak kendaraan, atau perempatan dan pertigaan strategis yang sering dilalui oleh banyak orang. Billboard merupakan iklan untuk (para pengemudi dan pejalan kaki) drivers and pedestrians.
Contoh Billboards di Perempatan Tamananan Tulungagung |
Pembagian Jenis Billboard
Pembagian jenis billboard ini berdasarkan kondisi secara umum yang disediakan oleh pemilik billboard untuk para pengguna. Pada umumnya terbagi menjadi empat bagian yaitu:
- Bulletin / Large Billboard(1),
- 30 Sheets Posters Medium Billboard(2),
- 8 Sheets Posters Small Billboard (3) ,
- Bulletin Digital (4).
Biaya Sewa Billboard
Biaya menggunakan alat komunikasi pemasaran dengan jenis
Billboard tergantung pada jenisnya.
- Bulletin (Billboard Large): Rentang $ 1.500 - $ 30.000 per iklan per 4 minggu periode.
- 30 Lembar Poster (Medium Billboard): Rentang $ 750 - $ 2.000 per iklan per 4 minggu periode
- 8 Lembar Poster / Poster Junior (Billboard Kecil): Rentang $ 300 - $ 750 per iklan per 4 minggu periode
- Digital Bulletin (Digital Large): Rentang sebesar $ 3.500 - $ 25.000 per iklan per periode 4 minggu untuk tempat 8 ~ kedua dalam loop ~ 64 detik
Spesifikasi Billboards
•
Bulletin
Panjang: 48 inci
Lebar: 14' inci
•
30 Sheets Poster
Panjang: 22.8 inci
Lebar: 10.5 inci
•
8 Sheets Poster
Panjang: 11 inci
Lebar: 5 inci
•
Digital Bulletin
Tergantung
Pengembangnya, tetapi iklan ini merupakan layar yang berganti-ganti iklan
bergantian dengan pengiklan lain. Biasanya menggunakan led.
Billboard menurut Jenis Pemasanganya
Rotarylok Bulletins |
Led Backlit Billboards |
The Hurricane Frame |
The World's Finest Tri-Face Display |
Sumber:
Buku Pengantar Manajemen Pemasaran by Kottler
wikipedia.com
bluelinemedia.com
formetco.com
hongkiat.com
Comments
Post a Comment