Skip to main content

Materi Kuliah: Mengenal Seluk Beluk Billboard sebagai salah satu contoh Advertising (Pengiklanan) yang termasuk pada salah satu Model Komunikasi Pemasaran

Billboard??
Apa itu Billboard??

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya sajikan kepada anda dahulu uraian tentang Komunikasi Pemasaran.Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang perusahaan mencoba untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen, secara langsung atau tidak langsung, tentang produk dan merek yang mereka jual.


Komunikasi Pemasaran memungkinkan perusahaan menghubungkan merek-merek mereka dengan orang lain, tempat, acara khusus dan pengalaman merek, perasaan dan barang. Komunikasi pemasaran dapat berkontribusi pada ekuitas merek dengan membangun merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek.


Model Komunikasi Pemasaran

Bauran Komunikasi Pemasaran terdiri atas enam cara komunikasi utama
  • Advertising
  • Sales Promotion 
  • Events and Experiences
  • Public Relations and Publicity 
  • Direct marketing 
  • Interactive marketing 
  • Word-of-mouth marketing
  • Personal selling

Untuk mempermudah pola pikir anda tentang dimana lokasi Billboard pada Komunikasi Pemasaran?? saya membuatkan bagan untuk anda untuk dapat memahami Billboard dalam struktur Komunikasi Pemasaran.

Mengenal Posisi Billboards pada Komunikasi Pemasaran
Billboard (di Inggris dan bagian lain dari dunia kadang disebut hoarding) adalah struktur iklan besar di luar ruangan (papan penagihan), biasanya ditemukan di daerah lalu lintas yang padat seperti di samping jalan yang sibuk, atau bahkan kalau di Indonesia sering kita jumpai berada melintang di jalan raya.


Contoh Billboard Full HD foto; Sebelah Selatan Jembatan Ngujang


Contoh Billboards di Perempatan Tamanan Tulungagung

Billboard (terkadang di Inggris dan di beberapa daerah lain disebut hoarding) adalah (struktur iklan outdoor yang besar) large outdoor advertising structure. Billboard adalah singkatan dari billing board. Biasanya kita dapat menemukanya di area lalulintas yang padat seperti jalan propinsi yang dilalui oleh banyak kendaraan, atau perempatan dan pertigaan strategis yang sering dilalui oleh banyak orang. Billboard merupakan iklan untuk (para pengemudi dan pejalan kaki) drivers and pedestrians


Contoh Billboards di Perempatan Tamananan Tulungagung


Pembagian Jenis Billboard 
Pembagian jenis billboard ini berdasarkan kondisi secara umum yang disediakan oleh pemilik billboard untuk para pengguna. Pada umumnya terbagi menjadi empat bagian yaitu: 

  • Bulletin / Large Billboard(1), 
  • 30 Sheets Posters Medium Billboard(2), 
  • 8 Sheets Posters Small Billboard (3) , 
  • Bulletin Digital (4).



Biaya Sewa Billboard
Biaya menggunakan alat komunikasi pemasaran dengan jenis Billboard tergantung pada jenisnya. 

  •            Bulletin (Billboard Large): Rentang $ 1.500 - $ 30.000 per iklan per 4 minggu periode.
  •            30 Lembar Poster (Medium Billboard): Rentang $ 750 - $ 2.000 per iklan per 4 minggu periode
  •              8 Lembar Poster / Poster Junior (Billboard Kecil): Rentang $ 300 - $ 750 per iklan per 4 minggu periode
  •            Digital Bulletin (Digital Large): Rentang sebesar $ 3.500 - $ 25.000 per iklan per periode 4   minggu untuk tempat 8 ~ kedua dalam loop ~ 64 detik

 *Kisaran suku tergantung pada waktu dan pasar.


Spesifikasi Billboards

         Bulletin
Panjang:                      48 inci
Lebar:                          14' inci

         30 Sheets Poster
Panjang:                      22.8 inci
Lebar:                          10.5 inci

         8 Sheets Poster
Panjang:                      11 inci
Lebar:                            5 inci

         Digital Bulletin
Tergantung Pengembangnya, tetapi iklan ini merupakan layar yang berganti-ganti iklan bergantian dengan pengiklan lain. Biasanya menggunakan led.


Billboard menurut Jenis Pemasanganya

Rotarylok Bulletins
Led Backlit Billboards
The Hurricane Frame
The World's Finest Tri-Face Display


Sumber: 
Buku Pengantar Manajemen Pemasaran by Kottler
wikipedia.com
bluelinemedia.com
formetco.com
hongkiat.com



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be