Skip to main content

Materi Kuliah: Pembahasan tentang Komunikasi Elektronik dan Komunikasi Non-elektronik, serta uraian lainya

Komunikasi merupakan faktor yang penting dalam upaya mencapai tujuan suatu organisasi bisnis. Secara umum, komunikasi dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menyampaikan pesan untuk mencapai pemahaman bersama. Komunikasi akan dikatakan efektif apabila individu mencapai pemahaman bersama, merangsang pihak lain melakukan tindakan, dan mendorong orang untuk berpikir dengan cara baru. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif akan menambah produktivitas, baik individu yang bersangkutan maupun organisasinya, sehingga dapat mengantisipasi masalah, membuat keputusan secara efektif, mengkoordinasikan arus kerja, mensupervisi orang lain, mengembangkan hubungan serta dapat mempromosikan produk dan jasa organisasi yang nantinya dapat menentukan keberhasilan seseorang, bukan hanya dalam dunia organisasi bisnis tetapi dimanapun ia berada.

Alur Komunikasi


Menurut Lasswell, komunikasi terdiri dari lima unsur yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yaitu komunikator (siapa yang mengatakan?), pesan (mengatakan apa?), media (melalui saluran/channel/media apa?), komunikan (kepada siapa?), dan efek (dengan dampak/efek apa?). Jadi, secara sederhana proses komunikasi adalah pihak komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima yang menimbulkan efek tertentu.


Komunikasi jika dilihat dari segi perantaranya dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu:


  • Komunikasi elektronik adalah komunikasi yang bukan hand-written atau percakapan face-to-face karena komunikasi terjadi melalui email, electronic bulletin, voice mail, fax, atau media komunikasi lainnya. Komunikasi elektronik tidak terbatas hanya pada komunikasi antara person-to-person  tetapi juga person-to-system atau system-to-person.
  • Komunikasi nonelektronik adalah komunikasi yang terjadi dengan bertatap muka langsung atau melalui media yang disalurkan tanpa melalui kabel atau menggunakan wireless tetapi melalui perantara orang.

Beberapa bentuk komunikasi elektronik yang sudah kita kenal diantaranya adalah electronic mail (emai)l, short message service (sms), dan chatting.

1.                  Electronic mail (email)
Email adalah pesan atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Misalnya: namasaya@yahoo.com.

Cara menulis email merefleksikan banyak hal, diantaranya adalah status di tempat kerja, cara bekerja, tingkat stres, bahkan kepribadian. Email, atau surat elektronik, merupakan cara berkomunikasi yang sangat penting bagi para atasan. Sebaliknya, email juga dapat disalahgunakan bila digunakan dengan cara yang salah. Berikut ini sepuluh dasar kiat menggunakan email yang baik:

a.       Email bukan satu-satunya cara berkomunikasi
Email sanggup mengirimkan pesan ke seluruh dunia hanya dengan mengklik mouse. Tetapi email juga dapat menyesatkan para atasan untuk berpikir bahwa mereka dapat mengatur pegawainya hanya melalui email. Jadi, email harus digunakan secara bijaksana tetapi tidak sampai mengatur perusahaan melalui email.

b.      Meuliskan email secara pendek dan dengan kata-kata yang baik
Sebaiknya kita menghindari menulis email yang sangat panjang. Melihat email yang panjang biasanya membuat orang malas membacanya, sehingga bisa saja baru dibaca pada sore atau bahkan keesokan harinya.

c.       Menulis isi email dengan jelas
Maksud yang ingin disampaikan harus diungkapkan dengan jelas. Hal yang diprioritaskan dan hal yang harus dikerjakan dapat lebih diperjelas. Menyertakan tombol jawaban agar mengetahui bahwa email sudah dibaca dan dimengerti oleh orang yang dituju.

d.      Terbuka terhadap pertanyaan
Mendukung pegawai untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk memperlihatkan bahwa kita selalu terbuka bagi mereka.

e.       Mengungkapkan kemarahan melalui tatap muka langsung
Isi email yang penuh amarah atau yang berisi kritikan dapat merupakan awal dari keributan, maka email sebaiknya dipersingkat agar tidak ada salah interpretasi pada yang menerimanya. Mengendalikan pesan yang disampaikan dan perasaan pada waktu menulis email. Dengan menelepon atau mendatangi langsung orang yang bersangkutan, merupakan cara yang jauh lebih baik bila ada hal-hal yang tidak memuaskan yang perlu dibicarakan.

f.       Membatasi email humor
Wajah yang tersenyum memperlihatkan bahwa kita sedang membaca sesuatu yang lucu. Tetapi terlalu banyak tersenyum akan mengganggu pada waktu kita harus menulis email yang serius. Beberapa perusahaan melarang mengirimkan email yang berisi lelucon karena mengganggu waktu bekerja.

g.      Lima menit antara waktu menerima dan membalas email
Waktu lima menit merupakan waktu yang wajar dalam menjawab email. Bila pada saat akan menulis email kita sedang marah, sebaiknya ditunda dulu dengan berdiri dari kursi kerja, berjalan di sekitar ruang kerja atau melakukan sesuatu sebelum mulai menulis email kembali.

h.      Mentukan waktu untuk menjawab email setiap hari
Bila kita sibuk, sebaiknya mendelegasikan seseorang (sekretaris atau bawahan yang lain) untuk menjawab email yang ada.

i.        Belajar menulis email yang baik
Harus disadari bahwa tidak semua orang ataupun pegawai bisa bertemu muka dengan kita secara teratur sehingga tidak dapat disalahkan bila mereka memberikan penilaian tertentu terhadap cara kita menulis email. Oleh karena itu kita perlu latihan menulis email yang baik.

j.        Menggunakan bahasa yang baik
Menghindari kesalahan mengetik dan penggunaan kata-kata yang berantakan serta kata-kata klise.

2.                  Short message service (SMS)
SMS merupakan pesan singkat berupa teks yang dikirim dan diterima antar sesama pengguna handphone. Pada awalnya, pesan ini digunakan antar telepon genggam, namun dengan berkembangan teknologi, pesan tersebut bisa dilakukan melalui komputer ataupun telepon rumah. Dengan SMS, pengguna handphone GSM dapat mengirim dan menerima berita/message singkat (biasanya sampai dengan 160 karakter). Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai bagian dari standart GSM Phase 1. Short message pertama yang dikirimkan adalah pada bulan Desember 1992 dari sebuah Personal Computer (PC) ke sebuah handphone pada network Vodafone GSM di Inggris. Apabila short message ini dilakukan dengan huruf latin, maka 160 karakter yang dapat dikirim, tetapi apabila non-latin seperti huruf Arab atau Cina jumlah karakter adalah 70.

Cara kerja SMS bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Seluruh operator GSM network mempunyai message centre (MC) yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian atau manejemen dari beberapa berita yang ada. Bila seseorang mengirim berita kepada orang lain dengan handphonenya, maka berita ini harus melewati MC dari operator network tersebut dan MC ini dengan segera dapat menemukan si penerima berita tersebut. MC ini menambah berita tersebut dengan tanggal, waktu dan nomor dari si pengirim berita dan mengirim berita tersebut kepada si penerima berita. Apabila handphone penerima sedang tidak aktif, maka MC akan menyimpan berita tersebut dan akan segera mengirimnya apabila handphone penerima terhubung dengan network atau aktif.

3.                  Chatting
Chatting adalah percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, gambar maupun suara. Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting ini, baik melalui SMS, aplikasi messenger seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, mIRC, dll.

Bentuk Komunikasi Nonelektronik
Dewasa ini perkembangan komunikasi nonelektronik di Indonesia mengalami penurunan, terutama di kalangan anak muda. Hal ini disebabkan karena semakin menjamurnya komunikasi elektronik seperti, sms, email, atau chatting yang lebih menarik dibandingkan dengan berbicara langsung, menulis surat, peasanan rutin ataupun memo.

Komunikasi Elektronik dan Non-elektronik

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...