Skip to main content

Perawatan Jalur Kereta Api, Pasca Pergantian Rel Kereta Api; Plasser & Theurer; Pekerja yang memperbaiki rel KA tanggal 14 Desember 2012

Pasca Pergantian Rel Kereta Api di Tulungagung Jawa Timur, maka perlulah melakukan pengecekkan terhadap rel yang baru dipasang tersebut mulai dari 
  • Ketinggian Rel, 
  • Jarak Antar Rel
  • Serta Posisi batu yang ada di pinggir rel. 

Ketinggian Rel Kereta Api Indonesia

Standirasi telah diberlakukan untuk pemasangan Rel Kereta, dengan standarisasi inilah akan diwujudkan sebuah KPI (key performance index) dari pemasangan Rel Kereta Api. Pada akhirnya, hasil pergantian rel pun juga akan diuji kembali dengan patokan standarisasi yang telah ditetapkan.

Perhatikan foto di atas, beginilah keadaan rel kereta api jika diperhatikan dengan cermat...nampak bergelombang kan?? Oleh karena dilakukan pengukuran ketinggan rel dan dengan lensa optik, sehingga bisa diketahui angka kesalahanya. Pekerja yang menulisi angka pada beton yang merupakan tingkat kesalahan pemasangan per mili mendapatkan gaji 50.000 perhari. Untuk kemudian rel diangkat dengan menggunakan alat berat Plasser and Theurer.

Sumber: Sanukinoyume; Alat Berat untuk Mengankat Rel Plasser & Theurer 08-32M84

Jarak antar rel, dikoreksi ulang dengan menggunakan mistar yang sudah terstandarisasi dengan baik. Pekerja membawa mistas ini berada dibelakang alat berat yang digunakan untuk mengangkat rel.


Berikutnya adalah perihal batu-batu kecil yang ada disekitar jalur kereta api. Hal ini perlu diperhatikan karena fungsi dari batu kecil ini penting untuk jalur kereta tersebut. Baca artikel yang telah saya tulis berkaitan tentang penataan batu-batu kecil di dekat rel kereta api.

Untuk menjaga batu tetap pada posisinya, PT KAI mengeluarkan biaya untuk membuat pondasi penahan batu-batu kecil itu. Pekerja yang kebanyakan dari Madura itu mendapatkan bayaran 30.000 ribu per hari.

Perawatan Jalur Keret Api dengan mengatur penataan batu-batu kecil

Pekerja untuk Pergantian Rel Kereta Api.
Bekerja Siang dan Malam, begitulah gambaran kalimat yang pantas untuk para pekerja PT KAI yang mengganti rel kereta api. Hal ini karena, diharapkan para pekerja tidak begitu mengganggu perjalanan kereta api sesuai jadwal. Hasilnya, menurut salah seorang pekerja yang menuturkan kepada salah seorang kru ihahibban, beliau hanya tidur 4 jam dalam sehari.. dan semenjak cerita ke ibnuhaya, beliau sudah 4 hari tidur hanya 4 jam. Sampai ada pekerja yang tidak doyan makan malam, karena saking ngantuknya dan pekerjaan belum selesai. Akhirnya teras2 rumah warga yang dekat dengan jalur kereta api menjadi tujuan

Video Perbaikan Rel Kereta Api







Pekerja untuk Pengecekkan ulang terhadap Rel Kereta Api yang telah dipasang.
Para pekerja dengan tingkat kelelahan yang tinggi, sangatlah memungkin untuk melakukan kesalahan dalam pemasangan rel. Maka sesaat setelah dilakukan pemasangan, PT KAI melakukan sidak terhadap pemasangan rel dengan melakukan pengukuran optik yang dapat mengetahui kekuarangan  jarak yang sebenarnya para rel sehingga kelurusanya pun tidak tepat. Optik yang digunakan untuk mengukur ini mempunyai ketepatan untuk mengukur sampai pada tingkat sentimeter.

Menurut salah satu pekerja yang menggunakan optik, tingkat kesalahan pada saat pemasangan rel Kereta Api di Tulungagung ini sangat kecil. Sehingga pergeseran rel, hanya berkisar 5-15 mm yang harus diperbaharui. Pekerja tersebut menandai pada beton bantalan rel dengan angka 0-15 dengan cat warna putih. Pemberian tanda tersebut berselang sekitar 4 beton. Apabila tandanya 0, maka pemasangan sudah sesuai... tetapi apabila terdapat angka 1-15 berarti itu menunjukkan angka pergeseran dalam satuan mm (milimeter). 

Pengecekkan Ketinggian Rel Kereta Api


Alat Berat Plasser & Theurer digunakan untuk pengecekkan jalur kereta api pasca pergantian Rel 

Plasser & Theurer adalah produsen Austria pemeliharaan rel dan mesin pemasangan jalan rel. Ini adalah dunia terbesar di segmennya. Indonesia  belum mampu untuk memproduksi alat berat seperti Plasser & Theurer di atas. 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be