Skip to main content

Sejarah Kereta Api Tempo Dulu: Jalur Kereta Api yang hilang di Indonesia

Pada artikel kali ini, saya akan menampilkan kepada anda tentang beberapa Jalur Kereta Api Tempo dulu yang sekarang sudah tidak terpakai lagi. Keberadaanya sekarang menjadi sejarah tentang perkeretaapian Indonesia. Jalur-jalur itu kini meninggalkan beberapa jejaknya yang dapat kita telusuri sampai sekarang. Dengan beberapa link dari blog lain yang saya kumpulkan serta dokumentasi pribadi ihahibban, saya menguraikanya seperti di bawah ini.



Jalur Kereta Api yang hilang (Tulungagung-Durenan-Tugu Trenggalek)
Baca Selengkapnya:


Jalur Kereta Api yang hilang
di Tulungagung -Tugu Trenggalek



Jejak Jalur Kereta Api Tulungagung-Tugu Trenggalek


Bekas Jembatan Kereta Api Tulungagung-Tugu Trenggalek



Jalur Kereta Api yang hilang ( Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang-Bojonegoro)

Mungkin kita pernah mendengar kawasan Pulau Jawa yang dulunya merupakan Jalur Kereta tetapi sekarang sudah tidak ada lagi. Seperti yang penulis dengar, dari cerita warga, bahwa dulunya itu ada jalur kereta dari Surabaya -Semarang yang lewat Pati dan Rembang.

Baca Selengkapnya
  • Urairan tentang Jalur Kereta Api yang hilang Surabaya-Semarang klik DISINI
  • Jalur Kereta Api yang hilang di Pati klik DISINI
  • Jalur Kereta Api yang hilang di Demak, baca selengkapnya DISINI
  • Uraian Tentang Stasiun-Stasiun di Demak, serta jejaknya DISINI

Peta Jalur Kereta Api Tempo Dulu









Jalur Kereta Api yang hilang Tuban-Babat



Jalur Kereta Api Tempo Dulu Tuban-Babat


Bekas Jembatan Kereta Api di Tuban by: Semut Ireng

Bekas Jembatan Kereta Api di Klothok, Kecamatan Plumpang Tuban by: Semut Ireng



Jalur Kereta Api yang hilang di Kediri 
Di Keras
Sisa rel Kereta api bisa anda temukan di sisi barat jalan, sebelah selatan Pom Bensin Keras. Dekat kok dengan Pom Bensin Keras. Selain itu juga ada daerah di Kediri di sepangjang jalanya terdapat rel kereta api yang mulai terpendam, tetapi saya lupa dimana tempatnya... :) tetapi saya pernah melihatnya.

Di Gurah

Jalur Kereta Api yang hilang di Gurah


Jalur Kereta Api yang hilang di Jombang
Lokasi jalur kereta api yang hilang ini terletak disepanjang jalan depan Makam Gusdur. Nampak jalur ini dalam deskripsi kami, menghubungkan antara jombang dan pare, pada saat itu. Kini jalur kereta api ini masih menampakkan eksistensinya, walau debu dan bebatuan mulai memendamnya semakin dalam ke tanah.

Jalur Kereta Api  Tempo Dulu di Jombang Jawa Timur

Makam Gus Dur |



Jalur Kereta Api yang hilang di Maos-Wonosobo
Untuk lebih jelas tentang Jalur Kereta Api yang hilang di Maos-Wonosobo anda bisa baca: DISINI

Add caption


Jalur Kereta Api yang hilang di Maos-Wonosobo

Jalur Kereta Api yang hilang di Maos Wonosobo



Jalur Kereta Api yang hilang (Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep)
Untuk lebih jelas tentang jalur kereta api di Madura, baca DISINI

Peta Jalur Kereta Api Bangkalan-Sumenep Tahun 1925


Sisa Rel Kereta Api di Madura

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...