Skip to main content

Pantai Sanggar Tulungagung | Lokasi Pantai Sanggar Tulungagung | Pesona Pantai Sanggar | Keindahan Pantai Sanggar



Tidak banyak orang yang tahu, bahwa di Tulungagung terdapat Pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Pamandangan yang alami, dari akses masuk ke Pantai Sanggar, membuat pantai ini bak permata yang terjaga di balik rerimbunan hijau daun. Memang kilauan permata ini tidak semua orang tahu tentangnya, tetapi fakta membuktikan bahwa pantai sanggar di kenal di Jawa Timur, bahkan sampai wisatawan dari Negeri Jiran Malaysia pernah mendatanginya.


Pantai Sanggar Tulungagung Jawa Timur


Pantai Sanggar, Pantai Berpasir Terindah di Jawa Timur.
Pantai Sanggar bisa dijuluki sebagai pantai terindah yang ada di Tulungagung, bahkan pantai yang dikenal banyak orang bahkan sampai negeri Jiran Malaysia mengetahui keindahan Pantai Sanggar ini. Ketika kru ihahibban, mengunjungi pantai sine beberapa saat lalu, dan menyempatkan diri melihat suasana pantai sanggar, nampak Pantai Sanggar malah lebih ramai daripada Pantai Sine. Mobil-mobil berplat nomer L (surabaya) dan B (jakarta) menghiasi keramaian Pantai Sanggar ini. Saya sendiri juga heran, padahal kondisinya terletak dibalik hutan, tetapi malah lebih ramai daripada Pantai Sine???








Walau kita telah mengetahui, Pantai Prigi yang ada di Trenggalek terkenal dengan kunjungan wisatawan yang banyak, tetapi menurut penelitian kru ihahibban, Pantai Sanggar memiliki Pasir Putih yang menawan dan benar-benar putih. Bahkan jika mengambil istilah dari warga sekitar Pantai Sine, seperti butiran beras.




Kondisi yang khas dari Pantai Sanggar adalah adanya
  • Tebing Jengger / Cengger  (di Sebelah Barat)
  • Tebing Jalu (di Sebelah Timur)






Pantai ini memiliki lokasi di sebelah barat Pantai Sine. Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur merupakan pantai yang bersebelahan dan keduanya memiliki pasir putih yang indah. Kita telah mengetahui bersama selain pantai berpasir putih, ada pantai berpasir hitam yang terdapat di Tulungagung, seperti:




Selain Pantai berpasir hitam di atas, di Tulungagung juga terdapat Pantai yang berpasir putih. Berbeda dengan pantai berpasir putih, biasanya pantai yang berpasir hitam itu rawan dengan eksplorasi yang tidak bertanggung jawab pada pelestarian pantai oleh pihak penambang pasir.



Ketika kru ihahibban, berkesempatan mengunjungi Pantai Sine di Kalidawir Tulungagung, kru mendapat cerita yang menarik dari nelayan Pantai Sine. Ketika kami sempat berbincang dengan penarik jala di Pantai Sine yang berprofesi sebagai nelayan, beliau menceritakan kepada kami perihal sepinya Pantai Sine dari dikunjungi wisatawan karena kalah pamor dengan Pantai Sanggar. Loh kenapa pak memangnya?? kan pantai sanggar aksesnya masih ditempuh dengan jalan kaki?? o... karena anu mas.. pasirnya itu lo..mas.. seperti Butiran Beras Putih.



Pantai Sanggar Memang tidak begitu dikenal di Tulungagung, dan oleh warga Tulungagung tetapi Pantai Sanggar ini lebih dikenal oleh warga luar Tulungagung, bahkan sampai kabarnya di negara malaysia.





Seperti Pantai-Pantai yang lainya, pantai Sanggar memiliki Ciri Khas dari Pemandanganya yaitu Tebing Jengger, dan Tebing Jalu. Tebing ini merupakan pemandangan khas yang menandakan anda memang sedang berada di Pantai Sanggar. 


 


Ciri Khas seperti ini juga terdapat di Pantai-pantai lainya seperti




Tebing Jengger Pantai Sanggar

Tebing ini mampu dijangkau kok... ini merupakan spot memancing yang bagus, serta spot take some photoes yang elok. Pesona Tebing Jengger merupakan salah satu keindahan tebing yang sisinya terukir melalui proses abrasi air laut, dan erosi angin yang bertiup d sekitar pantai, dalam waktu lama sehingga memunculkan kesan bentukan yang menarik dari batu yang ada di tebing ini. Beberapa orang menyebutnya sebagai Tebing Cengger... Nama Jengger / Cengger merupakan bagian merah yang terdapat pada kepala ayam jantan, begitu pula seperti Bunga Jengger Ayam.. hehe.. tapi bukan penyakit kelamin jengger ayam lo... :)



Tebing Jengger Pantai Sanggar

Tebing Jengger Pantai Sanggar







Tebing Jalu Pantai Sanggar


Tebing Jalu Pantai Ngalur

Tebing Jalu Pantai Sanggar



Tebing Jalu, Pantai Sanggar, Pantai Ngalur



Pantai Sanggar, Tebing Jalu


Tebing Jalu dari Tebing Jengger


Keindahan Pantai Sanggar Tulungagung






Jika kalian kesana, ambil gambar ciri yang khas dari pantai sanggar ya. . sehingga teman-teman anda mungkin akan iri dengan anda, ketika anda menunjukkan kepadanya tentang foto pantai sanggar, dan karena anda telah mendatangi tempat yang indah di balik rerimbunan daun hijau dalam perjalanan anda. Ambil angle yang tepat untuk mendapatkan view yang indah di pantai sanggar ini :)







 
Lokasi Pantai Sanggar Tulungagung
Nah, mungkin salah satu info inilah yang kalian tunggu-tunggu, yaitu dimanakah lokasi Pantai Sanggar Tulungagung??

Mungkin diantara kalian ada yang masih asing sekali dengan pantai sanggar, atau diantara kalian ada yang tidak tahu sama sekali dimana lokasi pantai sanggar, maka dalam kesempatan ini saya akan uraikan kemana anda harus melangkahkan kaki dan memutar roda untuk sampai ke pantai sanggar.


Jangan lupa, jika anda punya fasilitas gps pada smartphone, silahkan anda nyalakan sehingga anda mudah untuk menemukan kemana jalan yang mesti di tempuh. Berikut ini, spot-spot yang mungkin anda lewati ketika anda menginginkan untuk berkunjung ke Pantai Sanggar.






Ke Pantai Sanggar dari Kediri
#1  Jika anda masuk ke Kabupaten Tulungagung lewat Kediri, maka rincianya seperti berikut ini:
Klik DISINI 


 
Masuk ke Kabupaten Tulungagung lewat Kabupaten Kediri, seringkali digunakan oleh traveller yang berasal dari Jakarta, Semarang, Surabaya, dll.







Lihat Perjalanan ke Pantai Sanggar Tulungagung di peta yang lebih besar



Ke Pantai Sanggar dari Blitar
#2 Jika anda masuk ke kabupaten tulungagung lewat blitar,  maka ricianya kembangkan sendiri ya. . hehe, lalu sesuaikan perjalan anda dengan peta perjalanan ke pantai sanggar yang telah kami buat di atas. 

 
Masuk ke Kabupaten Tulungagung lewat Blitar seringkali digunakan oleh para traveller dari Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bali, dll




Ke Pantai Sanggar dari Trenggalek
#3 Jika anda masuk ke kabupaten tulungagung lewat Trenggalek, maka ricianya kembangkan sendiri ya. . hehe, lalu sesuaikan perjalan anda dengan peta perjalanan ke pantai sanggar yang telah kami buat di atas.

Masuk ke Kabupaten Tulungagung lewat Trenggalek seringkali digunakan oleh para traveller dari Pacitan, Solo, Jogja, dll.




Lihat Juga:
Pantai Patuk Gebang
Pantai Dlodo
Pantai Sine
Pantai Sidem
Pantai Molang





Comments

  1. .thx ya sob . sya jg sering ke sana . .kunjungan balik ya http://ediztian.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. gan minta alamat detail nya menuju kesana dong... saya dari jakarta... mohon bantuannya terima kasih ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, sama2, sudah kami tambahkan di google plus, baca hangout dari kami,

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be