Skip to main content

Contoh Perusahaan Holding Company di Indonesia, Semen Indonesia Holding Company dari Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, Semen Thang Lon

Dalam perkembangan teknologi akhir-akhir ini (2013), seringkali kita mendengar istilah-istilah baru dalam percakapan, atau dialog yang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berbagai media, baik langsung maupun tidak langsung, baik media elektronik maupun media non elektronik, tentu kita seringkali akan menemukan beberapa istilah yang mungkin baru saja kita ketahui. 

Salah satu istilah yang sering kita dengar adalah bahasan tentang materi ekonomi. Seiring dengan tersebarnya berita-berita dari media masa yang sering membahas masalah ekonomi, atau tayangan-tayangan yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi, maka perlu kiranya bagi seseorang untuk mengetahui tentang maksud dari bahasa yang kini populer di media masa. Hal ini cukup menarik untuk dikaji, karena satu pemahaman saja tentang istilah itu, maka pengetahuan kita akan semakin luas, kita tidak akan tertinggal dan terbodohi dengan kata-kata yang baru saja kita dengar itu.



Latar Belakang penulisan
Beberapa hari ini, kita sering melihat iklan yang fenomenal dan mengesankan dari PT SEMEN INDONESIA atas kerjasamanya dengan 4 perusahaan besar. Di dalam iklan itu bercerita tentang perjuangan yang keras dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, serta perjuangan yang keras dalam membangun sebuah perusahaan yang kuat dan mampu bersaing di dunia semen. Bahkan mereka datang dari sejarah yang berbeda, untuk berkumpul menjadi satu membangun sebuah kekuatan besar perusahaan semen yang diberi nama Semen Indonesia. Semen Indonesia sendiri dahulunya adalah Semen Gresik. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba memberikan gambaran secara umum tentang apa yang terjadi pada Holding Company Semen Indonesia. 





Iklan Holding Company Semen Indonesia, Semen Gresik



Holding  Company
Istilah ekonomi yang kita dengar pada saat menyimak iklan Semen Indonesia adalah Holding Company. Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui atau asing terdengar di telinga kita. Adik-adik smp dan sma mungkin juga masih banyak yang belum mengetahui tentang holding company ini. Berangkat dari keinginan untuk memberikan informasi, dan memberikan tentang artikel edukasi, kami menulis artikel tentang holding company yang ada di Indonesia, salah satunya kami batasi dengan pembahasan PT SEMEN INDONESIA.

Sejarah PT Semen Indonesia


Tujuan Penulisan
Memberikan informasi kepada masyarakat tentang fenomena holding company yang kini terjadi, termasuk memberikan pengetahuan tentang holding company serta seluk beluknya. Serta pembahasan tentang PT Semen Indonesia yang kini menggantikan nama Semen Gresik.



Semen Indonesia

Semen Indonesia



Holding Company
Strategi Holding Company (Perusahaan Holding) bertujuan untuk memperoleh kepemilikan saham pada perusahaan lain. Loh, berarti holding company sama dengan akuisisi? iya benar, jika anda telah menyangka seperti itu. 

Pembahasanya seperti ini, kenapa perusahaan menggunakan holding kompany? yaitu dengan pertimbangan banyak hal yang berhubungan dengan strategi perusahaan dalam membangun rumah tangga perusahaanya. 

Lalu apa perbedaan antara Holding Company dan Akuisisi?
Biasanya Holding Company adalah kepemilikan saham atas perusahaan yang lain yang sejenis.

Sebuah perusahaan holding yang memiliki saham beredar perusahaan lain. Istilah ini biasanya mengacu pada sebuah perusahaan yang tidak menghasilkan barang atau jasa itu sendiri, melainkan tujuannya adalah untuk memiliki saham perusahaan lain. Perusahaan induk memungkinkan pengurangan risiko bagi pemilik dan dapat memungkinkan kepemilikan dan kontrol dari sejumlah perusahaan yang berbeda. 

Perusahaan mengeluarkan kebijakan holding campany, karena perusahaan telah mempunyai sebagian besar saham dari perusahaan sejenis lainya. Pada contoh kali ini adalah pada perusahaan Semen. Kepemilikian sebagian besar saham ini, membuat tata kelola keuangan perusahaan akan mengikut pada perusahaan induknya. Holding Campany merupakan usaha yang dilakukan oleh perusahaan induk untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dengan tetap memanfaatkan anak perusahaan tetap pada nama aslinya.


Semen Indonesia



Lalu apa bedanya dengan akuisisi?
Nah itu yang menjadi pertanyaannya, karena di dalam akuisisi juga tidak mengenal perubahan nama perusahaan yang diakuisisi kan? tidak ada bedanya dengan akusisi. Pertanyaan itu sudah saya singgung pada artikel di atas, strategi holding company merupakan strategi akuisisi perusahaan yang sejenis. Pada kasus terapanya Perusahaan Semen Indonesia mengakuisisi 4 Perusahaan semen besar yaitu: 3 diantaranya di Indonesia dan 1 lagi dari vietnam.


Atau bukanya malah merger ya??
kalau anda masih bertanya, tanya. . mungkin dari ilustrasi yang ada di iklan atau yang anda lihat dari gambar kami, anda menyimpulkan itu merger. . wajar saja. . karena definisi merger adalah gabungan beberapa perusahaan dengan nama baru. 

Untuk menjawab pertanyaan yang mungkin ada di dalam benak anda sekalian, maka kami akan memberikan kepada anda gambaran tetang kerjasama-kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan.



Joint Venture,
Kerjasama dua pihak perusahaan atau lebih untuk sebuah kerjasama bisnis. Sehingga dalam kerjsama joint venture ini pihak-pihak perusahaan dapat melakukan kesepatakan untuk sebuah proyek bisnis, baik dari sisi permodalan, operasional, termasuk di dalamnya juga pembagian keuntungan.

Contoh Perusahaan yang melakukan Joint Ventures adalah PT Indofood dan Netsle



Merger, Akuisisi,dan Konsolidasi, Klik DISINI


Beda halnya dengan joint venture, ketiga hal ini merujuk pada penggabungan perusahaan bukan hanya sebuah kerjsama bisnis saja, melainkan sudah merujuk pada perubahan struktur perusahaan. Perubahan ini bisa dilihat dari beberapa hal baik berkaitan dengan nama perusahaan, maupun berkaitan dengan struktur modal perusahaan.




Sejarah Semen Indonesia
Holding Company merupakan hasil dari akuisisi, Ambil contoh pada kasus Semen Indonesia, pada kasus itu, PT Semen Indonesia mengakuisisi, ke tiga perusahaan semen besar di asia tenggara. Kenapa saya bilang tiga kok bukan empat?? karena Semen Indonesia merupakan perubahan dari nama Semen Gresik. Setelah mengganti nama menjadi semen indonesia, kini semen indonesia mulai mempublikasikan keberadaan holding company nya di media iklan elektronik, maupun non elektronik. Untuk lebih lengkapnya tahu tentang sejarah Semen Indonesia Klik DISINI


Holding Company  Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa,
Seman Than Long

Semen Gresik

Semen Than Long


Semen Tonasa


Semen Padang




Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be