Skip to main content

Apa yang harus dilakukan jika terlambat bayar SOP / SPP di Universitas? | Universitas Airlangga Surabaya

Tujuan Penulisan.
Seringkali mahasiswa itu bingung jika terlambat, entah terlambat bayar, terlambat daftar, atau terlambat kuliah, dan terlambat-terlambat yang lainya. Keterlambatan ini membuat mahasiswa akan disibukkan dengan hal lain yang mungkin membuatnya segera datang ke kampus dan mengurus semuanya. Salah satu yang marak di kalangan mahasiswa adalah terlambar bayar SOP (Sumbangan Operasional Pendidikan) atau bisa disebut dengan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan). Artikel ini semoga menjadi reverensi bagi anda untuk mengetahui bagaimana dan kemana saja yang anda datangi untuk mengurusnya. Tulisan ini sengaja kami tulis untuk mahasiswa UNAIR, tetapi mungkin anda yang berada di universitas lainya bisa mengambil tulisan ini untuk refferensi.

Rektorat Universitas Airlangga



Langkah-langkah jika terlambat bayar SOP / SPP  di Universitas.
Mungkin, ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi kalian yang sedang mengalami sebuah kenikmatan lupa akan sesuatu, termasuk lupa akan membayar spp. Dengan hati riang dan senang, tanpa mengetahui bahwa hari ini sudah terlewat waktunya bayar spp di universitas. Tetapi beberapa dari kalian akan bingung dan tidak tahu harus kemana, maka tenang saja.



Kampus C Universitas Airlangga

Tenang saja, saat ini kami punya solusi yang semoga bisa bermanfaat untuk anda mahasiswa yang terlambat bayar spp ke universitasnya. Pengalaman ini berdasarkan pengalaman salah satu rekan kami yang mengalami keterlambatan pembayaran spp.




Hal-hal yang mesti anda sediakan untuk mengurus keterlambatan bayar SOP/SPP

  • KHS Terakhir.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.


  1. Segera persiapkan diri untuk mudik, jika anda masih di luar kota tempat anda kuliah.
  2. Datang ke Rektorat bagian Registrasi Mahasiswa, untuk minta Surat Pengantar Terlambat bayar SPP
  3. Setelah isi formnya yang terdiri dari nama anda, nim, fakultas, jurusan, dan alasan keterlambatan anda membayar spp
  4. Minta tanda tangan dekan fakultas anda.
  5. Saat minta tanda tangan, anda akan disuruh untuk melampirkan juga paraf dari kepala akademik untuk memuluskan jalan anda mendapatkan tanda tangan dekan fakultas.
  6. Biasanya kepala akademik akan meminta KHS terakhir (fotokopi) kepada anda,
  7. Setelah mendapat persetujuan dari Kepala Akademik, maka minta tanda tangan kepada Dekan Fakultas, biasanya dalam hal ini akan ditandatangani oleh wadek 1
  8. Setelah mendapatkan tanda tangan, datang ke bag kemahasiswaan fakultas anda ke sub bag persuratan. 
  9. Setelah anda mendapatkan no. surat, segera fotokopi 2 kali surat permohonan anda untuk diserahkan ke bag akademik (1lembar) dan (1 lembar ) lagi untuk anda sebagai arsip.
  10. Setelah itu datang ke bagian rektorat, bagian registrasi mahasiswa untuk meminta surat tanda bayar yang akhirnya anda gunakan ke bag keuangan rektorat.
  11. Datang ke bag rektorat untuk menyerahkan surat tanda bayar, dari registrasi mahasiswa.
  12. Proses pembayaranya, silahkan anda datang ke bank yang telah ditunjuk unair, seperti MANDIRI, BNI dll.
  13. Setelah anda bayar, silahkan cek ke cybercampus.unair.ac.id.
  14. Selamat anda sudah membayar dan anda akan bisa melakukan entry krs. 

Comments

  1. Bagaimana jika sudah lama belum bayar spp nya

    ReplyDelete
  2. apakah ada denda dari keterlambatan pembayaran itu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yang te

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya.  Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud . Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :) Terowongan di Gunung Kelud Anak Gunung Kelud Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud Jalanan di Kawasan Gunung Kelud Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbe

Informasi Wisata Tulungagung: Pantai-pantai yang ada di Tulungagung (Pantai yang ada di Besuki, Pantai yang ada di Tanggunggunung, Pantai yang ada di Kalidawir, Pantai yang ada di Pucanglaban)

Pantai, Pantai merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan , kenapa??? karena setiap orang mudah untuk menjangkaunya, sangatlah berbeda dengan gunung, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya... :) Tetapi pada kondisi tertentu, kadang untuk ke pantai dibutuhkan pendakian kecil, atau perjalanan pendek menjangkau pantai...:) keindahanya tak ternilai dengan "materi" secara tepat. Proporsi yang indah antara daratan dan lautan yang saling bertemu membuat kita semakin terkesima terhadap keindahan alam ini. Tahukah kalian?? Bagaimana bisa terbentuk pasir pantai?? Pasir pantai terbentuk dari pecahan karang yang tersapu ombak, sedikit demi sedikit terdampar di pantai. Pasir yang kita temui pun beraneka ragam, kadang berwarna "putih" kadang berwarna "hitam". Pantai yang berwarna hitam terbentuk dari pecahan-pecahan karang atau tebing dekat pantai yang berwarna hitam / cenderung hitam, begitu juga sebaliknya untuk pantai yang be