Apa yang harus dilakukan jika terlambat bayar SOP / SPP di Universitas? | Universitas Airlangga Surabaya
Tujuan Penulisan.
Seringkali mahasiswa itu bingung jika terlambat, entah terlambat bayar, terlambat daftar, atau terlambat kuliah, dan terlambat-terlambat yang lainya. Keterlambatan ini membuat mahasiswa akan disibukkan dengan hal lain yang mungkin membuatnya segera datang ke kampus dan mengurus semuanya. Salah satu yang marak di kalangan mahasiswa adalah terlambar bayar SOP (Sumbangan Operasional Pendidikan) atau bisa disebut dengan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan). Artikel ini semoga menjadi reverensi bagi anda untuk mengetahui bagaimana dan kemana saja yang anda datangi untuk mengurusnya. Tulisan ini sengaja kami tulis untuk mahasiswa UNAIR, tetapi mungkin anda yang berada di universitas lainya bisa mengambil tulisan ini untuk refferensi.
Langkah-langkah jika terlambat bayar SOP / SPP di Universitas.
Mungkin, ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi kalian yang sedang mengalami sebuah kenikmatan lupa akan sesuatu, termasuk lupa akan membayar spp. Dengan hati riang dan senang, tanpa mengetahui bahwa hari ini sudah terlewat waktunya bayar spp di universitas. Tetapi beberapa dari kalian akan bingung dan tidak tahu harus kemana, maka tenang saja.
Tenang saja, saat ini kami punya solusi yang semoga bisa bermanfaat untuk anda mahasiswa yang terlambat bayar spp ke universitasnya. Pengalaman ini berdasarkan pengalaman salah satu rekan kami yang mengalami keterlambatan pembayaran spp.
Hal-hal yang mesti anda sediakan untuk mengurus keterlambatan bayar SOP/SPP
Seringkali mahasiswa itu bingung jika terlambat, entah terlambat bayar, terlambat daftar, atau terlambat kuliah, dan terlambat-terlambat yang lainya. Keterlambatan ini membuat mahasiswa akan disibukkan dengan hal lain yang mungkin membuatnya segera datang ke kampus dan mengurus semuanya. Salah satu yang marak di kalangan mahasiswa adalah terlambar bayar SOP (Sumbangan Operasional Pendidikan) atau bisa disebut dengan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan). Artikel ini semoga menjadi reverensi bagi anda untuk mengetahui bagaimana dan kemana saja yang anda datangi untuk mengurusnya. Tulisan ini sengaja kami tulis untuk mahasiswa UNAIR, tetapi mungkin anda yang berada di universitas lainya bisa mengambil tulisan ini untuk refferensi.
Rektorat Universitas Airlangga |
Langkah-langkah jika terlambat bayar SOP / SPP di Universitas.
Mungkin, ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi kalian yang sedang mengalami sebuah kenikmatan lupa akan sesuatu, termasuk lupa akan membayar spp. Dengan hati riang dan senang, tanpa mengetahui bahwa hari ini sudah terlewat waktunya bayar spp di universitas. Tetapi beberapa dari kalian akan bingung dan tidak tahu harus kemana, maka tenang saja.
Kampus C Universitas Airlangga |
Tenang saja, saat ini kami punya solusi yang semoga bisa bermanfaat untuk anda mahasiswa yang terlambat bayar spp ke universitasnya. Pengalaman ini berdasarkan pengalaman salah satu rekan kami yang mengalami keterlambatan pembayaran spp.
Hal-hal yang mesti anda sediakan untuk mengurus keterlambatan bayar SOP/SPP
- KHS Terakhir.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
- Segera persiapkan diri untuk mudik, jika anda masih di luar kota tempat anda kuliah.
- Datang ke Rektorat bagian Registrasi Mahasiswa, untuk minta Surat Pengantar Terlambat bayar SPP
- Setelah isi formnya yang terdiri dari nama anda, nim, fakultas, jurusan, dan alasan keterlambatan anda membayar spp
- Minta tanda tangan dekan fakultas anda.
- Saat minta tanda tangan, anda akan disuruh untuk melampirkan juga paraf dari kepala akademik untuk memuluskan jalan anda mendapatkan tanda tangan dekan fakultas.
- Biasanya kepala akademik akan meminta KHS terakhir (fotokopi) kepada anda,
- Setelah mendapat persetujuan dari Kepala Akademik, maka minta tanda tangan kepada Dekan Fakultas, biasanya dalam hal ini akan ditandatangani oleh wadek 1
- Setelah mendapatkan tanda tangan, datang ke bag kemahasiswaan fakultas anda ke sub bag persuratan.
- Setelah anda mendapatkan no. surat, segera fotokopi 2 kali surat permohonan anda untuk diserahkan ke bag akademik (1lembar) dan (1 lembar ) lagi untuk anda sebagai arsip.
- Setelah itu datang ke bagian rektorat, bagian registrasi mahasiswa untuk meminta surat tanda bayar yang akhirnya anda gunakan ke bag keuangan rektorat.
- Datang ke bag rektorat untuk menyerahkan surat tanda bayar, dari registrasi mahasiswa.
- Proses pembayaranya, silahkan anda datang ke bank yang telah ditunjuk unair, seperti MANDIRI, BNI dll.
- Setelah anda bayar, silahkan cek ke cybercampus.unair.ac.id.
- Selamat anda sudah membayar dan anda akan bisa melakukan entry krs.
Bagaimana jika sudah lama belum bayar spp nya
ReplyDeleteapakah ada denda dari keterlambatan pembayaran itu?
ReplyDelete