Skip to main content

Analisis Kekuatan Brand (merek) dan Juga Logo pada sebuah produk

Tujuan Penulisan,
Tujuan penulisan artikel ini adalah berkaitan dengan senangnya penulis mengamati adanya aneka macam merek yang mengiringi sebuah produk, yang kadang secara tidak langsung memberikan kepada kita kepercayaan dan kadang membuat kita malah mengacuhkanya. Hal ini perlu kita bahas agar diantara kita mengetahui bahwa merek yang dikenal dan kebanyakan dari kita mengenalnya itu mengalami proses perjuangan yang hebat.


iha hibban 



Apa yang terjadi ketika anda melihat sebuah logo di atas? tentu dari anda tentu ada yang masih berfikir, ini merek apa ya? merek minuman? merek makanan? merek pertanian? merek sepatu? dan lain-lain yang mungkin dari anda akan beragam menilai tentang logo di atas. Logo ini merupakan pembukaan pembahasan kita tentang makna kekuatan sebuah merek. Kenapa anda masih bingung? karena anda masih belum kenal dengan logo tersebut. Kenapa anda tidak kenal? mungkin logo tersebut jarang / bahkan tidak pernah tampil di hadapan anda selama ini.




Sekarang bandingkan, setelah anda melihat logo di atas dan mencoba menerka merek sebuah produk apaan ya?? kami akan menampilkan kepada anda beberapa logo seperti di bawah ini.


Analisis Kekuatan Logo


Setelah anda melihat logo di atas, tentu anda akan menyimpulkan bahwa logo yang anda kenal adalah logo yang sering sekali nampak pada visual anda. Tentu anda akan lebih akrab dengan You Tube dan Adidas, daripada hibban, daripada frazz photocopy, daripada vidogarment, dan daripada pengobatan tradisional alami.





Logo Sangat Penting bagi Identitas Perusahaan
Sebelum membahas lebih lama tentang logo, mari saya tunjukkan apa perbedaan logo dan brand (merek). Sehingga berikutnya saat kami menyebutkan merek dan logo anda sudah tidak kebingungan lagi. Logo adalah bagian dari merek yang nampak pada visual kita (mata kita). Merek itu lebih luas maknanya daripada logo.

Anda kenal logo di bawah ini?
Tentu anda mengenalnya karena anda melihatnya.




Perusahaan tampil dengan logonya, dan memberikan kepercayaan dengan mereknya




Logo sangat penting bagi identitas perusahaan anda, lalu apa beda logo dan merek?? Ternyata logo itu merupakan bagian yang nampak pada sebuah merek. Jadi kenampakan yang kita lihat pada sebuah merek tertentu itu adalah logo. Pada gambar di bawahnya lagi kami memberikan contoh kepada anda tentang hal itu.





Perbedaan Logo dan Merek (brand)





Ketertarikan Seseorang pada sebuah Logo
Sebuah Logo yang tertera pada sebuah produk tentu memiliki kekuatan masing-masing untuk menarik pandangan seseorang. Sebuah Logo kadang dengan coraknya sebagian saja tidak secara penuh tergambar, kita mampu untuk mendefinisikan ini mirip dengan merek ini dan itu. Warna, Bentuk Tulisan, Serta Tagline yang melekat pada sebuah merek, membuat kita semakin mengingatnya dikala kita disinggung tentang masalah merek tersebut.






Perlu adanya kekuatan (power) yang ditanamkan pada sebuah merek untuk dapat bersaing dengan merek-merek yang lain yang serupa. Kekuatan yang tersembunyi dari sebuah merek itu tidak begitu saja muncul, melainkan ada karena adanya upaya dari marketer untuk memberi power pada sebuah merek. Merek bisa kuat dari dalam yang berarti itu berbicara masalah trust, merek pun juga bisa kuat dari luarnya yaitu yang kita kenal dengan logo.



Contoh Kasus kekuatan Merek
Kami akan menunjukkan kepada anda tentang permasalahan ini, maka kami mengambil contoh kepada anda untuk mengungkapkan tentang permasalahan kekuatan merek.


Merek Apple


Apple
Apple merupakan produk yang memiliki kekuatan merek. Sehingga ketika kita mengatakan buah apel pun kita bisa langsung teringat dengan iphone, ipod, ipad, dll. Produk tanpa merek, itu jadi tidak berarti, atau membuat kita buta dalam mengetahuinya. Sedangkan Produk dengan merek yang bagus akan mengangkat pamor produk tersebut.


Merek yang kuat didukung dengan kepercayaan (trust)
Betapa banyak orang yang menggunakan Apple karena kepercayaan mereka pada endurance mesin apple serta asal produk dari usa.

Merek yang kuat memiliki penampakan logo yang khas dan tak lekang oleh pergantian warna.
Coba anda melihat logo apple pada segala kombinasi warna, tentu anda akan tetap mengatakan itu seperti, itu merupakan, itu layaknya produk apple. Dan anda akan teringat dengan produk apple.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...