Skip to main content

Antara Penyesalan dan Impian ~ Masa Lalu dan Masa Depan



Salah satu sudut pandang yang bisa kita lihat dalam kehidupan ini adalah penyesalan dan impian. Hidup ini merupakan antara dua hal tersebut. Kalau boleh memberikan salah satu definisi, maka kami menuliskan Kehidupan adalah Antara Penyesalan dan Impian. 

Penyesalan sering kali terkait dengan masa Lalu, sedangkan Impian seringkali terkait dengan Masa Depan. Sedangkan kehidupan ini merupakan apa yang kita alami hari ini. Oleh karena nya hidup antara penyesalan dan impian. Seperti sebelumnya pernah kami tulis dalam kesempatan lain di blog ini juga, Kita Hidup dalam 3 Hari. Salah satu penulis yang kami sukai adalah beliau Abu Faraj Ibnul Jauzi, beliau seorang ahli ilmu yang banyak sekali menuliskan buah fikiranya ke dalam buku2. Buah fikiran yang tercurahkan lewat sanad2 ( jalur periwayatan) ketika membeberkan salah satu judul bab yang akan dibahas.

Salah satunya pada buku Thibb Ruhani, yang merupakan buku yang sangat renyah untuk kita nikmati bersama karena olahan yang khas dari Ibnul Jauzi yang membeberkan tentang bagaimana kita bisa mengobati penyakit jiwa kita. Hmmm menarik bukan?

Selah satunya akan kami terjemahkan kepada kalian mengenai hal ini dalam beberapa materi di dalam blog ini. Maaf ya, jadi bicara kemana-mana, maklum, kami hanyalah penulis yang amatir untuk menyajikan tampilan yang menarik untuk di baca.



-----------

Jika Penyesalan berkaitan dengan masa lalu, maka mimpi berkaitan dengan masa yang akan datang. Larut dalam penyesalan dosa-dosa masa lalu sangatlah berguna dan berpahala. Begitu Pula bermimpi kebaikan pada masa depan. Lain halnya, jika penyesalan itu berkaitan dengan sesuatu yang melalaikan di dunia ini yang sudah tidak mungkin di rahih kembali. Hal itu akan menorehkan kesedihan yang bertumpuk tumpuk, sebagaimana telah disinggung pada bab terdahulu , yaitu Bab 18. Terlampau bersedih atau diluar batas kewajaran. Penyesalan timbul karena hilangnya sesuatu yang kita cintai. Semakin banyak yang kita cintai, semakin banyak pula penyesalan yang terjadi. Sebaliknya, semakin sedikit yang kita cintai, semakin sedikit pula kenangan yang terjadi. Karena itu, jauhkan diri dari sumber timbulnya penyesalan ini.


Jika ada yang mengatakan kalau aku tidak mendapatkan seorang kekasih, aku akan menyesal dan sedih sekali. Benar tetapi penyesalan karena tidak mempunyai kekasih tak seperti penyesalan karena kehilangan kekasih. Bukankah kehilangan anak jauh lebih menyedihkan dibanding tidak mempunyai anak?

Ketika kecintaan dan kesenangan seseorang terhadap sesuatu berlangsung lama, maka hal itu akan membekas di lubuk hatinya. Jika ia harus kehilangan sesuatu itu, kesedihanya sebenarnya seberapa lama dibandingkan dengan kesenangan yang sudah ia nikmati sebelumnya. Karena ini adalah sesuatu yang dicintai pastilah sesuatu yang selaras dengan kehendak jiwanya. Nikmatnya sehat, misalnya tidak dirasakan oleh jiwa jika sehat itu tidak ada. Jiwa akan terus menderita sebelum mendapatkan ganti yang memuaskan. Seolah apa yang ia cintai itu wajib menjadi miliknya. Karena itu orang yang berakal sehat mencintai banyak hal, sebab tahu itu hanya membuahkan impian yang tidak menyenakngkan.

Langkah pertama mengobati penyakit ini adalah memantapkan keimanan terhadap takdir Alloh yang salah satu wujudnya adalah apa yang menimpa dirinya itu. Ia juga harus sadar bahwa dunia diciptakan Alloh dengan wajah muram. 
  • Yang kokoh akan runtuh, 
  • yang berkumpul akan berpisah, 
  • yang bersatu akan bercerai. 

Barangsiapa menginginkan keabadian pada sesuatu yang mustahil abadi, sama dengan menginginkan keberadaan sesuatu yang tidak mungkin ada. Mestinya, ia tidak mengharapkan sesuatu yang mustahil bisa terjadi dalam kehidupan dunia ini. Sebagaimana diungkapkan pada sebuah syair.

Langkah selanjutnya adalah merenungi musibah orang lain sehingga musibah diri akan terasa kecil dan ringan. Seorang pemanggul yang sangat bersemangat tidak akan mempedulikan beban yang berat. Ia akan terus melangkah mantap sampai akhirnya bisa menguasai diri dan beban itu terasa ringan. 


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...