Skip to main content

Bab Dukhulul Muslimi al kanisata wal bi'ah | الموسوعة الفقهية الكويتية

 

Ini adalah keterangan i'rob bacaan 

 

الموسوعة الفقهية الكويتية

 ل وزارة الاوقاف  والشئون الاسلامية 

I'rob ini berdasarkan pada kajian youtube channel dawam mu'alim. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

 


دخول المسلم الكنيسة والبيعة 


يرى الحنفية أنه يكره للمسلم دخول البيعة والكنيسة ، لأنه مجمع الشياطين ، لا من حيث إنه ليس له حق الدخول . وذهب بعض الشافعية في رأي إلى أنه لا يجوز للمسلم دخولها إلا بإذنهم ، وذهب البعض الآخر في رأي آخر إلى أنه لا يحرم دخولها بغير إذنهم . وذهب الحنابلة إلى أن للمسلم ذخول بيعة وكنيسة ونخوهما والصلاة في ذلك . وعن أحمد يكرة إن كان ثم ضورة ، وقيل مطلقا ، ذكر ذلك في الرعاية ، وقال في المستوعب: وتصح صلاة الفرض في الكنائس والبيع مع الكراهة ، وقال ابن تميم: لا بأس بدخول البيع والكنائس التي لا ضور فيها ، والصلاة فيها

 


دخول المسلم الكنيسة و البيعة

Dukhulul muslimi al kanisata wal bi'ata
Di dalam bab, biasanya menurut kaidah ilmu nahwu ada pembuangan mubtada dan bayan. Maksudnya

هذا باب في بيان دخول المسلمين الكنيسة والبيعة

Hadza bermula ini, baabun yaitu bab, fi bayani dukhulil muslimi di dalam menjelaskan masuknya orang islam. Al Kanisata pada gereja, kanisah itu adalah gereja tempat beribadahnya orang nasrani. Wal bi'ata dan bi'ah yaitu tempat ibadahnya orang yahudi. 

 

Kemudian Kenapa al kanisata dibaca nashob?
karena dinashobkan oleh dukhul, dukhul itu isim. Ini masuk dalam bab al asma'u al 'amilatu 'amalal fi'li. Mashdar yang bisa menashobkan lafadz al kanisata. Mashdar yang sekaligus jadi mudhof, al muslimiina mudhofun ilaih. Al Kanisata dibaca nashob, karena dinashobkan oleh dukhul, kemudian wal bi'ata dibaca nashob karena wawul athfi, athof kepada al kanisata, sehingga al bi'ata harus ikut, tabi' kepada lafadz al kanisata. 


يرى الحنفية 

yaroo melihat/memandang, artinya memandang itu berpendapat siapa? al hanafiyatu
madzab al hanafi. Al Hanafiyatu itu boleh berlaku kaidah muannats/ mudzakar, boleh pakai taroo boleh pakai yaroo. Boleh pakai qola al hanafiyatu, boleh pakai qolat al hanafiyatu. 

yaroo (memandang, atau berpendapat)
al hanafiyatu (oleh madzab hanafi)
annahu (pada sesungguhnya)

انه

kenapa ada makna pada? karena al hanafiyatu menjadi failnya yaro, annahu, disitu anna berfungsi sebagai tanshibul isma wa tarfa'ul khobar. Kemudian hamzahnya difathah, bukan di kasroh,
kenapa anna bukan inna?? karena fi mahalin nasbin, maf'ulun bihi dari yaroo.

انه

annahu pada sesungguhnya, ha nya dhomir sya-n fi mahali nasbin, ismu anna. Annahu pada sesungguhnya keadaan.

يكره 

yukrohu menjadi khobarnya anna.
Yukrohu (dimakruhkan) yukrohu disini menggunakan bina majhul
lil muslimi (bagi orang muslim)

Kemudian dukhul disitu lam nya tidak ada harokatnya, dibaca dukhulu karena menjadi naibul failnya yukrohu. Dukhulul bi'ati ( terhadap masuk bi'ah) wal kanisati ( dan tempat ibadahnya orang nasrani). Jadi dukhul disitu harus rofa', marfu'un karena menjadi naibul failnya yukrohu. Kemudian dukhulu sekaligus menjadi mudhof, dan mudhofun ilaihnya al bi'ati,

يكره للمسلم دخول البيعة والكنيسة

wawunya wawul athfi, diathofkan kepada al bi'ati, aslinya gini, yukrohu dukhulul bi'ati wa dukhulul kanisati lil muslimi.
 
لأنه مجمع الشياطين
 
Li Annahu (karena sesungguhnya keadaan) ha nya adalah dhomir sya-n. Dhomir sya-n itu kalau bentuknya mudzakkar, kalau bentuknya muannats disebut dhomiru qishoh, dhomir kisah, yaitu dhomir yang mengumpulkan kalam sebelumnya. Kemudian ha nya disitu fi mahalin nasbin, menjadi isimnya inna. Li Annahu ( karena sesungguhnya keadaan)
majma'usy syayaathin (tempat kumpulnya setan)
Jadi kanisah wal bi'ah itu tempat kumpulnya syetan, makanya makruh menurut hanafiyah. 
 
laa min haitsu ( tidak dari sekiranya)
innahu ( sesungguhnya dia, keadaan)
laisa ( yaitu tidaklah) 
lahu (baginya dia muslim, atau lil muslim)
haqqu dukhuli (haknya masuk)

Haitsu itu di jar kan oleh min, tapi kok tetep haitsu? karena dzorof, ada dzorof yang selalu mabniyun alad dhommi, contohnya
min haitsu laa yahtasibu
 
walaupun ada min tidak bisa dibaca haitsu, karena dia mabniyyun alad dhommi. Ada lagi dzorof yang diputus dengan madzrufnya, mabniyyun alad dhommi, tapi kalau diputus dengan madzruf, 
contohnya
min qoblu, wa min ba'du
 
Kemudian karena haitsu itu dzorof, pasti butuh madzruf, mana madzrufnya? innahu.. jadi innahu itu fi mahali jarrin, menjadi mudhof ilaihnya haitsu. Karena madzruf itu selalu menjadi mudhof ilaihnya dzorofnya.  
(dari sekiranya, arah sesungguhnya keadaan)\
laisa ( tidak ada)
lahu ( tetap baginya seorang muslim)
haqqud dukhuli ( oleh hak masuk ke dalam bi'ah wal kanisah)
 
wa dzahaba (menggunakan fiil madhi)
ba'du asy syafi'iyati, (oleh sebagian madzab syafi'i)
fi ro'yin ( di dalam suatu pendapat)
ro'yin itu harus di tanwin, kenapa? karena diputus oleh huruf jar. Dia munshorif tanpa al, diputus pakai huruf jar, ilaa annahu (pada sesungguhnya keadaan). Laa yajuzu ( yaitu tidak boleh) lil muslimi ( bagi orang islam). 
Dukhuluhaa (menjadi failnya yajuzu)
oleh memasukinya kanisah, wal bi'ah
illa bi idznihim (kecuali diberi izin mereka)
kalau diberi izin mereka, juga boleh begitu, ini madzab syafi'i.

 
وذهب البعض الآخر في رأي آخر إلى أنه لا يحرم دخولها بغير إذنهم
 
Wa dzahaba (dan telah berpendapat) al ba'du (oleh sebagian) al akhoru ( yang lainya). Maksudnya lain dari syafi'iyah. Fi ro'yin akhoro, ( di dalam pendapat yang lain). Akhoro disitu menjadi sifatnya ro'yin, tapi kok di baca akhoro? iya karena dia adal. Isim ghoiru munshorif, dia itu adalah jar, tapi alamat jarnya adalah fathah. 
Ila annahu ( pada sesungguhnya keadaan)
laa yahrumu (tidak haram)
dukhuluhaa ( oleh memasuki al kanisah wal bi'ah)
bi ghoiri idznihim (dengan tanpa ijin mereka)
 
Wa dzahaba  (dan telah berpendapat)
al hanabilatu (oleh madzab hanbilah ( hambali))
ilaa anna lil muslimi ( pada sesungguhnya bagi orang islam)
nah ini dukhula ( dukhula ini menjadi isimny anna) tetapi setelah diputus oleh li.



 
 










Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...