Skip to main content

Diwan Asy Syafi'i | Liquat Zaman | Adab terhadap orang Jahil

 

Ini adalah materi Diwan Asy Syafi'i yang kedua yang ditulis di dalam blog ini. Kali ini materi diamnya seseorang karena dipergunjingkan seseorang. Bagaimana isi diwan Asy Syafi'i ini? ini cocok banget bagi kalian yang mungkin sering kali bergelut di dunia media sosial. Di kanan kiri depan belakang mungkin kita bakal mendapati ada saja orang yang tidak suka dengan apa yang telah kita perbuat, atau tidak sependapat dengan pemikiran kita. Nah bagaimana kita bersikap? kalau saja sikap kita memang salah, itu adalah hal yang luar biasa yang kita dapatkan, karena sungguh mereka telah memberi perhatian yang lebih dengan (membenarkan) kita. Tapi kalau misalnya kita (masih mengira) kalau kita benar, nah tentang ini, bagaimana kita bersikap? Atau ketika yang berkata orang2 yang nyata2 (bodoh) dan mengatakai kita, maka bagaimana kita bersikap??

Simak Puisi Imam Asy Syafi'i di bawah ini. Perkataan Ulama, tentu beda dengan perkataan orang biasa seperti kita. Kata2nya telah melewati ruang2 ilmu yang ada pada dirinya, yang tersimpan di dalam dada beliau. 


ارجو ان تكون بخير
اريد ان اشرح لكم
بيتين من شعر من الامام الشافعي  رحمه الله
هنا يقول


Diwan Asy Syafi'i


يُخاطِبُني السَفيهُ بِكُلِّ قُبحٍ --- فَأَكرَهُ أَن أَكونَ لَهُ مُجيبا

يَزيدُ سَفاهَةً فَأَزيدُ حِلماً ---- كَعودٍ زادَهُ الإِحراقُ طيب



يُخاطِبُني - خطب - الكلام - تكلم 
berbicara


السَفيهُ - خف عقل
Orang jahil, yang kurang akal 

قُبحٍ- ضد الجمل - ضد الزين - لا يحب احدا
lawan dari kata indah

فَأَكرَهُ - لا ارضه - ابغض
Aku tidak menyukai





مُجيبا - من الجواب يعن رد على الغير 
Membalas/ menjawab perkataanya.


يَزيدُ - من الزيادة -زيد 

حِلماً - بمعنى الصابر
الرجل الذي يتحمد


عودٍ - حشب معروف في 

ما معنى هذ الشعر
يقول الامام الشافعي
الرجل السفيه عندما يتكلم معي
هذا الرجل ليخطب كلامه
فيقول بقول قبح



-----

Orang jahil berbicara kepadaku dengan segenap kejelekan
Akupun enggan untuk menjawabnya

Dia semakin bertambah kejahilan dan aku semakin bertambah kesabaran
Seperti gaharu dibakar, akan semakin menebar kewangian.



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Informasi Kereta Api: Kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi ber-Ac berangkat dari Tulungagung ke Malang pukul 1.30 (Baru...)

Ilustrasi Kereta Aneh Malam yang aneh ini (21 September 2012) Kereta Api apa ini??   Klasifikasi Kereta sekitar 9 rangkaian gerbong (yang saya ingat, dari yang saya lihat malam ini pukul setengah dua): 1 Gerbong Lokomotif, 3 Gerbong Kelas Eksekutif Berkorden Merah Muda (pink), 1 Gerbong Kereta Makan 3 Gerbong Kelas Ekonomi ber-AC,  1 Gerbong Kereta Barang Kereta kok melintasi Tulungagung pada malam hari?? Ketika saya masih terjaga pada malam hari sekitar pukul setengah dua malam, nampaklah aneh pada saat itu.. Terlihat Kereta Api melintas menuju Stasiun Tulungagung sekitar pukul setengah dua. Nampaknya kereta api itu akan menuju ke stasiun Blitar, dan terakhir Stasiun Malang. Kereta Apakah itu??   Saat itu saya bergegas melihat KA. yang aneh itu... Sempat terlintas di benak saya, bahwa KA. itu adalah kereta api Gajayana.. Eh.. kok aneh pada rangkaianya... ada Gerbong Eksekutif sejumlah 3 Gerbong dengan korden warna merah muda (pink), Gerbong...