Skip to main content

Info Kereta Api: Kereta Matarmaja Baru (ber-AC) Rute Malang, Tulungagung, Jakarta (Agustus 2012); Mulai September 2012 untuk Rangkaian KA. Majapahit

Kita bakalan menemui kereta Matarmaja Baru dengan jadwal yang berbeda dari Matarmaja yang biasanya. Kereta Api ini telah dikirim dari PT INKA ke Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, pada tanggal 13-8, 2012. Kereta Ekonomi AC Matarmaja mempunyai rute Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Madiun, Solo, Semarang, sampai Jakarta Pasar Senen. Matarmaja baru ini akan dioperasikan mulai 14-8, 2012 dengan Tarif Rp. 210.000/per orang. Tempo/Aris Novia Hidayat. 

Ketika kru ibnuhaya sedang berada di lokasi yang dekat dengan rel kereta api, dan dalam keadaan yang biasa... menanti kereta yang lewat. Nah.. saat itu jam menunjukkan waktu yang aneh.. karena pada pukul 12.40, kereta dari Stasiun Tulungagung ada yang menuju malang. Hmmm.. ternyata.. ada Kereta Api Matarmaja ber-ac yang baru diluncurkan PT INKA. Seperti yang saya katakan pada kesempatan yang lain.. PT. KAI sedang melakukan banyak perubahan dan terobosan yang cemerlang dalam memberikan pelayanan yang baik bagi penumpangnya. Salut buat PT KAI yang secara estafet melakukan perubahan yang berarti bagi sistem transportasinya. 

Matarmaja ini sampai di Stasiun Tulungagung pukul (12.35) dari Jakarta Pasar Senen. Menurut Perkiraan saya.. Kereta api ini dari Stasiun Jakarta Pasar Senen.. kalau merujuk pada Matarmaja yang biasa pada pukul 20.30. Nah.. bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api Matarmaja Baru anda mesti bersiap-siap berangkat ke Stasiun Jakarta Pasar Senen sekitar pukul 20.00 untuk persiapan menunggu keberangkatan Kereta. 

Informasi Baru September 2012
Pada Tanggal 27 September KA. ini tiba di Tulungagung pukul 5.15, Ada apa gerangan dengan perubahan jadwal dari Kereta Api yang masih saya katakan sebagai matarmaja baru. KA. ber-ac ini datang di Stasiun Tulungagung hampir bersamaan dengan KA. Matarmaja yang biasa...yaitu selisih sekitar 15 menit (KA. matarmaja (tak ber-ac) sampai stasiun tulungagung pukul 05.00.

Saya berasumsi, ini terjadi karena, PT KAI waktu itu Agustus 2012, mengeluarkan KA. baru ber-ac ini (yang dulu pada waktu agustus 2012 saya lihat bernama Matarmaja)...untuk merespon adanya arus-balik Penumpang kereta api. Sekaligus bisa dikatakan sebagai gerbong tambahan dan uji coba PT KAI dalam memberikan fasilitas pelayanan baru...

Tetapi Ternyata pada September 2012 untuk Rangkaian KA. Majapahit
Rangkaian yang dulunya untuk KA. Matarmaja ber-AC saat mendekati arus balik tahun ini..sekarang digunakan untuk rangkaian KA. Majapahit. Saya mulai curiga terhadap adanya kereta yang dulunya digunakan  untuk matarmaja ber-ac ini dengan perubahan jadwalnya..

Ternyata ada kecurigaan di dalam benak saya.. kayaknya KA. yang melintas ekonomi-ber AC,,, itu bukan Matarmaja.. tetapi sudah menggantikan operasional KA. Senja Singosari. Ini terbukti bahwa sejak KA. Ekonomi ber-ac lewat Tulungagung pada pukul 16.00, KA. Senja Singosari Tidak terlihat lagi.. ada apa gerangan??? Inilah yang menimbulkan dugaan.. Kalau KA. Ekonomi ber-Ac.. yang pada waktu setelah Hari Raya (Agustus)..digunakan untuk Matarmaja ber-Ac.. tetapi setelah september 2012 rangkaian ekonomi ber-ac ini digunakan untuk KA. Senja Singosari. Tetapi akhirnya.. KA. Senja Singosari pun berubah nama menjadi KA. Majapahit dengan jurusan sama dengan sebelumnya.
Mulai September 2012 gerbongnya digunakan untuk KA. Majapahit


Mulai September 2012 menjadi gerbong KA. Majapahit

Kereta Api Matarmaja berAC

Kereta Api Matarmaja berAC

Comments

  1. Mantab gan infonya... slut buat PT KAI yang semakin mantab juga pelayanannya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kasus Manajemen Risiko ( PT Telkom)

Setiap perusahaan pasti memiliki Risiko dalam menjalankan kinerja perusahaanya, salah satu risiko yang akan dihadapi perusahaan adalah Risiko Kredit. Risiko Kredit adalah Risiko yang dihadapi sebuah perusahaan karena pendanaan eksternal yang diusahakan oleh perusahaan. Risiko Kredit ini terjadi ketika pihak perusahaan kontrak kesepakatan dengan pihak kreditur dalam rangka memenuhi kinerja Perusahaan pada investasi pada aset. Di dalam artikel ini tidak akan membahas risiko kredit saja, melainkan akan dibahas juga mengenai risiko kerusakan properti, risiko regulasi hukum, risiko tingkat suku bunga. Profil Perusahaan  Logo Perusahaan Telkom Indonesia TELKOM, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, merupakan perusahaan penyedia layanan telepon tidak bergerak terkemuka di Indonesia. Sementara itu, anak perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai TELKOM, PT Telekomunikasi Seluler (“Telkomsel”), merupakan perusahaan operator layanan telepon seluler yan...

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi. Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana). CC 201 Lokomotif CC 201 Lebar sepur (track gauge): 1067 mm Panjang body: 14134 mm Jarak antara alat perangkai: 15214 mm Lebar badan (body): 2642 mm Tinggi maksimum: 3636 mm Jarak gandar: 3304 mm Jarak antar pivot: 7680 mm Diameter roda pe...

Galeri Foto Tulungagung Tempo Dulu (Doeloe) dan Galeri Foto Tulungagung Saat ini (2013)

Tujuan Penulisan, Pada Kesempatan kali ini, kami akan menampilkan kepada anda beberapa foto tentang perbandingan Tulungagung di Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang (zaman now, kala itu 2013). Galeri Foto ini mencoba menguak bagaimana kondisi kabupaten Tulungagung dari waktu ke waktu, serta apa menunjukkan kepada anda bagaimana perubahanya. Semoga artikel kali ini memberikan kesadaran pada hati kita yang terdalam untuk merenungi bahwa perubahan demi perubahan seiring berjalanya waktu merupakan keniscayaan, dan waktu akan terus berjalan meninggalkan masa-masa kita yang telah lalui, dan kini hidup kita tinggallah saat ini dan nanti. Tidak ada kata lain selain selalu memperbaiki diri.. kenapa?? karena kita sangat perlu meninggalkan karya indah dalam kehidupan dunia ini :)  Foto Tulungagung Tempo Dulu dan Masa Kini (2013) "Alun-alun Tulungagung" Alun-alun yang sekarang ini dikenal juga dengan nama, taman kusuma wicitra , dulunya adalah sebuah lapangan yang luas, yang jika k...